PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRASI PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III SDNEGERI PENDOWOHARJO SLEMAN

Riati Riati,

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap demokrasi siswa kelas III melalui penerapan pembelajaran kontekstual.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas III yang berjumlah 25 orang. Objek penelitian adalah sikap demokrasi. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan.Hasil penelitian berdasarkan pengamatan yang dilakukakan menunjukkanbahwa penerapan pembelajaran kontekstualpada pembelajaran IPS yang diterapkan dengan tahap konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya mengalami peningkatan pada kategori baik dalam setiap siklusnya. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh dua observer dapat diketahui bahwa skor rata-rata sikap demokrasi siswapada pratindakan sebesar 16%. Kemudian pada siklus I pertemuan pertama 16%, pertemuan kedua 23,2% dan pertemuan ketiga 40% Siklus II pertemuan pertama 58,4%, pertemuan kedua 66,4%, dan pertemuan ketiga 73,6%. Hal tersebut menunjukkan, bahwa penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPS, dapat meningkatkan sikap demokrasi siswa di kelas III SD Negeri Pendowoharjo Sleman. Kata kunci : pembelajaran kontekstual, sikap demokrasi,IPS. Abstract This research aims to improve democracy attitude of grade III through contextual learning. This is an Action Classroom Research. The subjects were grade III students with a total of 25 students. The object was democracy attitude. Data collecting technique used was observation. Data analyses techniques used were qualitative and quantitative descriptive. This research was conducted in 2 cycles consisted of 3 meetings. The results showed that the implementation of contextual learning od social science learning consisted of constructivism, determining, asking learning community, modeling, reflection, and evaluation which meet improvement. at each cycles. Based on the observation the average value of democracy attitude of pre-action was 16%. The Cycle I of first meeting of 16%, second meeting of 23,2% and third cycle of 40%. The Cycle II of first meeting of 58,4%, second meeting of 66,4%, and third cycle of 73,6%. It is concluded that the contextual learning of social science could improve democracy attitude of grade III at State Elementary School Pendowoharjo Sleman. Keywords: contextual learning, democracy attitude, social science

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.