PERAN WARGA SEKOLAH DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI GEMBONGAN

Rakhmat Arif Hidayat,

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran warga sekolah dalam memanfaatkan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa di SD N Gembongan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian merupakan warga sekolah yang terdiri dari petugas perpustakaan, kepala sekolah, guru kelas 3, 4, 5, 6 dan tiga siswa dari setiap kelas 3, 4, 5, 6. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi metode dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran warga sekolah dalam memanfaatkan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa di SD N Gembongan yaitu: (1) petugas perpustakaan berperan memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu rajin membaca buku, memberikan pelayanan yang baik dan membuat jadwal piket perpustakaan harian bagi siswa, (2) kepala sekolah berperan menjalin kerjasama dengan perpustakaan keliling, menyediakan anggaran untuk pembaruan buku perpustakaan dan memberi motivasi kepada siswa, (3) guru kelas berperan memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana pembelajaran, (4) siswa memanfaatkan perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan membaca dengan berkunjung dan meminjam buku. Hambatan dalam memanfaatkan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu, tidak adanya tenaga ahli yang memenuhi kualifikasi sebagai pustakawan, belum adanya program-program yang rutin dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca siswa, dan kurangnya pemantauan secara rutin dari kepala sekolah. Upaya untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu, buku-buku perpustakaan selalu diperbarui setiap tahunnya, bekerjasama dengan perpustakaan keliling, dan petugas perpustakaan berupaya menjadikan perpustakaan selalu dalam kondisi bersih, rapi dan nyaman. Kata kunci: peran warga sekolah, minat baca, siswa SD Abstract This research was aimed to describe school member roles in utilizing library to improve student reading interest of SD N Gembongan. This was a descriptive qualitative research. The research subjects were school members who consist of library officer, headmaster, 3th, 4th, 5th, 6th grade teachers and three students out of each 3th, 4th, 5th and 6th grade classes. Data gathering used observational method, interview and documentation. Data analysis technique used data reduction, data display and conclusion drawing. To examine data validity used a credibility test by method and source triangulations. Based on the research result, it could be concluded that school member roles in utilizing library to improve student reading interest in SD N Gembongan namely: (1) library officer play roles in delivering motivation to the students in order to be diligent to read books, deliver good services and make daily library picket schedule to the students, (2) the headmaster played roles in establishing co-operation with mobile library, provided budget to renew library books and motivate students, (3) class teachers played roles in utilizing library as a learning facility, (4) students utilized library to fulfill their reading needs by visiting it and borrowing books. Obstacles facing in utilizing library to improve student reading interest namely: no librarian qualified experts, no routine programs implemented to improve student reading interest and lack of routine monitoring from the headmaster. The efforts to overcome obstacles in improving student reading interest namely: library books were always renewed every yearly, co-operating with mobile library and library officers attempted in order that library was always in clean, neat and convenient condition.
Keywords: school member roles, reading interest, elementary school students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.