PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU

Ika Pratiwiyanti,

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan ex-Post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri se-Kecamatan Umbulharjo yang berjumlah 106. Instrument pengumpulan data berupa kuesioner terdiri atas 92 butir. Instrumen penelitian di uji cobakan kepada 32 guru. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang yang dilakukan adalah uji linieritas, uji normalitas dan uji heterokedastisitas. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan: 1) pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan sumbangan 38,1%, 2) lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan sumbangan sebesar 26,6%, 3) persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan sumbangan sebesar 64,7%. Kata kunci : persepsi guru, lingkungan kerja, kinerja guru Abstract This research aimed to explore the effect of teacher’s perception on pricipals leadership and work climate simultaneously and partially towards teacher’s perfomance. The methodological approach was used quantitative aproached (ex post de facto). The population were all of elementary school teachers in Kecamatan Umbulharjo, totally were 106 teachers. The instrument to gather data was used questionnaire, consist of 92 items. Try out of instrument was done among 32 teachers. Reliability test was used Alpha Cronbach test. Test for assumption were linearity, normality, and heterocidity. Data was analysed by multiple regression. The result of research showed: 1) teachers perception about principal’s leadership affected significantly towards teacher’s perfomance, with the contribution was 38,1%. 2) work climate affected significantly toward teachers perfomance, with the contribution was 26,6%. 3) teachers persception about principal’s leadership and work climate affected significantly and simultaneously toward teacher’s perfomace, with total contribution was 64,7%. Keywords: teacher’s perception, work climate, teacher’s perfomance

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.