IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPADUSCIENCE DAN DEEN AL ISLAM PADAKELAS IV SDIT LUQMAN AL HAKIM INTERNASIONAL,BANTUL, YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) penilaian dari penyelenggaraan pembelajaran terpadu Science dan Deen Al-Islam pada kelas IV SDIT Luqman Al Hakim Internasional, Bantul, Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskripsif. Subyek penelitian adalah guru Science dan guru Deen Al-Islam di kelas IV. Penelitian dilaksanakan pada bulan April - September 2014. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara, dan analisis perencanaan pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran terpadu dilakukan dengan membuat unit plan dan lesson plan. Dalam pelaksanaan pembelajaran, aktivitas yang dilakukan menggunakan pendekatan 1) multidisipliner dengan menggunakan tema Hemat Energi (Kampanye Hemat Listrik Menggunakan Maket); 2) antardisipliner dengan menggabungkan beberapa mata pelajaran yakni Deen Al-Islam, Science, ICT, Math, B indo, PKn, dan Art and Design; dan 3) transdisipliner dengan mengembangkan kecakapan hidup seperti mengagumi, menghayati, meneliti, merealisasi, mengkolaborasi, mengaktualisasi, dan memberi. Penilaian pembelajaran terpadu diberikan secara otentik dengan bentuk penilaian kinerja, portofolio, dan tertulis. Penilaian tema penelitian belum menunjukan kesesuaian terhadap indicator ketercapaian hasil yang tertera di dalam dokumen kurikulum SDIT LHI. Kata kunci : pembelajaran terpadu Science dan Deen Al-Islam Abstract The research aimed to described 1) the plan, 2) implementation, and 3) assessment from integrated learning on Science and Deen Al-Islam in 4th graderLuqman Hakim Al-Islam International Elementary School, Bantul,Yogyakarta. This research used qualitative-descriptive approach. The subjects of this research wereteachers of Science and Deen Al-Islam in 4th grade. This research had been studied from April until September 2014. Data was collected by observation technique, interview, and documentation. The main instrument was the researcher by using observation manual, interview, and learn strategic analysis. Data was analyzed by using Miles and Huberman model, i.e. data reduction, data data display, and data drawing. Data accurationwas analyzed by using triangular source and technique. The result of this research showed that integrated learning plan was built by unit plan and lesson plan. The implementation of learning activity used 3 ways of approach 1). Multidisciplinary approach, with theme Save Energy (Electricity Saving Campaign Using Maket) ; 2). Interdisciplinary approach, by combining some focus disiplins, Deen Al-Islam, Science, ICT, Math, B indo, PKn, dan Art and Design; and 3). Transdisciplinary by envolving real life ability i.e. spiritual, character, research, creativity, cooperative, culture, dan charing to other people. The assessment used performance assesment, portofolio, danessay.Assessment in the research theme have not indicated the suitability of the indicators (goal) that listed in the curriculum document of SDIT LHI. Keywords: integrated learning on Science and Deen Al-Islam
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.