PENINGKATAN PERHATIAN SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN KELAS III MELALUI PERMAINAN ICEBREAKING DI SDN GEMBONGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian siswa pada proses pembelajaran kelas III SDN Gembongan dengan menerapkan permainan icebreaking. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan desain Kurt Lewin yang terdiri atas perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Gembongan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perhatian siswa dan observasi perhatian siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data skala perhatian siswa dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan icebreaking dapat meningkatkan perhatian siswa kelas III SDN Gembongan. Pada pratindakan, rata-rata skor perhatian siswa 52,4 (kategori sedang) dan hanya 4 dari 21 siswa yang memperoleh skor perhatian dalam kategori tinggi. Siklus I rata-rata skor perhatian siswa meningkat menjadi 71 (kategori tinggi) dan terdapat 15 siswa dari 20 siswa yang memperoleh skor perhatian dalam kategori tinggi. Pada siklus II rata-rata skor perhatian siswa meningkat lagi menjadi 83 (kategori sangat tinggi). Penelitian berhenti pada siklus II karena hasil yang diperoleh pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 90% siswa kelas III memperoleh skor perhatian dalam kategori tinggi.
Kata kunci: perhatian, permainan icebreaking.
Abstract
The research was aimed to improve students' attention on the learning process of grade III at SDN Gembongan through icebreaking game. This is a Classroom Action Research. The study was employing Kurt Lewin design consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects were students of grade III at SDN Gembongan. Data collection techniques used were students 'attention scale and observation of the students' attention. Data were analyzed using descriptive statistics to analyze students 'attention scale and qualitative descriptive analyses to analyze the observation of students' attention. The results showed that the application of icebreaking games can improve students' attention of grade III at SDN Gembongan. In the pre-action, the average scores of students attention was 52.4 (medium category) and only 4 of the 21 students had high score. In the Cycle I the average scores of student’s attention increased to 71 (high category) and there were 15 students from 20 students who obtained high score. In the second cycle the average score of the student’s attention increased to 83 (very high category). The research stopped in the second cycle because of the results obtained in the second cycle has met the success criteria that have been set at 90% of grade III students who had high score category of attention.
Keywords: attention, icebreaking game.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.