PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI IV WATES
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri IV Wates.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, dua pembina pramuka, dan orang tua siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri IV Wates pada bulan September-Oktober 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu berupa pedoman observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka secara keseluruhan belum berjalan maksimal. Dari pihak sekolah sebenarnya memberikan beberapa faktor pendukung dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka, diantaranya adanya program, tersedia sarana prasarana, dan sekolah menyediakan dana yang berasal dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Selain dari pihak sekolah faktor lain adalah dukungan orang tua siswa. Akan tetapi dalam pelaksanaan eksrakurikuler pramuka, progam dari kegiatan rutin setiap minggu pelaksanaannya tidak sesuai dengan progam sekolah, siswa kurang disiplin saat mengikuti ekstrakurikuler pramuka, dan yang terakhir jumlah pembina pramuka tidak sebanding dengan jumlah siswa ekstrakurikuler pramuka. Kata kunci: Pelaksanaan Ekstrakurikuler, Pramuka, SD Abstract This research aims to describe implementation of extracurricular boy scouts in public elementary school IV Wates. This research used qualitative approach with descriptive analysis method. Subject in this research consist of headmaster, two scoutmaster, and two parents of students who take the extracurricular boy scouts. This research held in public elementary school IV Wates from September – October 2014. Data collection techniques used were observation, interviews and documentation . The main instrument is researcher with used giudance observation and interviews as media. Data were analyzed using Miles and Huberman Models that include data reduction, data display and conlusion drawing (verification). Technical examination of the validity of data used triangulation of sources and techniques. The results of this research show that overall the implentation of extracurricular boy scouts are not running optimally. Although the school has provided the infrastructure that support the boy scouts extracurriculer activities such as grant of operational school and the other programs that support, but implementation routine program of boy scouts extracurriculer not the same with school program. Student less be disclipine when they following extracurriculer boy scout, besides that scoutmaster amount less than amount of student who take the boy scouts. Keywords:Implementation of Extracurricular, Boy Scouts, Elementary school
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.