PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KERJASAMA KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap kerjasama kelompok pada pembelajaran tematik integratif siswa kelas V SD Negeri Krapyak Wetan. Desain penelitian ini berupa quasi eksperimen type nonequivalent control group design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode sosiodrama, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode diskusi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Krapyak Wetan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan membandingkan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukan rata-rata kerjasama kelompok pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Hal tersebut ditunjukkan melalui hasil perhitungan rata-rata skor post-test kelompok eksperimen sebesar 109,31 lebih tinggi daripada skor rata-rata post-test kelompok kontrol sebesar 104, 86 dengan selisih skor sebesar 4,45. Kata kunci: metode sosiodrama, kerjasama kelompok, pembelajaran tematik integratif. Abstract This research aimed to know the effectiveness of sociodrama method towards cooperation group in themathic integrative on 5th Krapyak Wetan elementary school grader. The design of the research was quasi experiment type with nonequivalent control group design use eksperimen group and control group. The experiment group treatment was sociodrama method, while the control group was discussion method. The population of the research was all of the student of 5th grader in Krapyak Wetan elementary school. The data collection techniques were questionnaire, observation, and documentation. The instruments of the research were questionnaire and observation sheet. The data analyzed using descriptive statistic with comparing the mean of posttest from experiment and control group. The result of the research showed that the mean of experiment group was higher than the control group. It can be seen from the mean of expereiment group posttest was 109.31 and the mean of control group posttest was 104.86 with the score difference was 4.45. Key Words: sociodrama method, cooperation group, thematic integrative
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.