PENGARUH EFIKASI DIRI DAN REGULASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan regulasi diri baik secara parsial maupun simultan terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 378 siswa dengan sampel 194 siswa yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Instrumen ini diujicobakan kepada 60 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan daya beda dicari menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas, normalitas, dan multikolinearitas. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan 43,21%; regulasi diri berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan 28,09%; dan 3) efikasi diri dan regulasi diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar dengan sumbangan 71,3%.
Kata kunci: efikasi diri, regulasi diri, kemandirian belajar siswa
Abstract
This research aims at knowing the effect of self efficacy and self regulation either partially or simultaneously to self regulated learning. This research used a quantitative approach with ex-postfacto method. The population in this research was 4th grade elementary school of one district Lendah, Kulon Progo total 378 students with the sample totaled 194 students, which taken randomly. Data were collected using scala. This instruments were experimented to 60 students. The validity using validity content with expert judgement technique, while validity of item using correlation product moment formula. Reliability using Cronbach Alpha formula. Analysis prerequisite test using linearity, normality, and multicolinearity. Data were analyzed using multiple regression analysis. The result of the research shows that: 1) self efficacy take effect partially on the self regulated learning with contribution 43,21% 2) self regulation take effect partially on the self regulated learning with contribution 28,09% and 3) self efficacy and self regulation take effect simultaneously on the self regulated learning with contribution 71,3%.
Keywords: self efficacy, self regulation, self regulated learning
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.