PENERAPAN BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI PANGGANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing untuk meningkatkan minat belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Panggang yang terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan skala minat belajar. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dapat meningkatkan minat belajar IPA. Hal ini dapat dilihat dari aktifitas belajar siswa yang telah sesuai dengan indikator siswa yang memiliki minat belajar baik. Selain itu, presentasi minat belajar IPA siswa mengalami peningkatan yang pada pra tindakan baru mencapai 19,3%, kemudian mencapai 50% pada siklus I dan meningkat menjadi 80,7% pada siklus II.
Kata Kunci: minat belajar IPA, bamboo dancing
Abstract
This study aims to determine the implementation of cooperative learning model bamboo dancing type to increase student's interest to learning science. This study was a collaborative action research and use model from Kemmis and mc taggart. The research was conducted in grade V Panggang elementary school totalling 26 students. Data collected by observation and learning interest scale. The data were analyzed qualitatively and quantitatively. The result show that the application of cooperative learning model bamboo dancing type can increase student's interest in learning science. It can be seen from the student's learning activities which are accordance with the indicator of students who have good interest in learning. Moreover, the presentation students's interest in learning science has increased int he pre action only reached 19,3% then reach 50% in the first cycle and increased to 80,7% in the second cycle
Keywords: interest to learning science, bamboo dancingFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.