PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA KELAS V SDN SE-GUGUS II GEMBONGAN

Heny Setyowati,

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  minat membaca  terhadap  kemampuan berbahasa siswa kelas V di Sekolah Dasar Se-Gugus II Gembongan Kecamatan Sentolo. Penelitian  ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expos facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas yang berjumlah 96 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas serta uji hipotesis dilakukan dengan korelasi sederhana. Minat membaca siswa termasuk dalam kategori cukup dengan persentase  43,8%,  kemampuan  berbahasa  siswa  termasuk  dalam  kategori  cukup  dengan  persentase

39,6%. Hasil uji hipotesis menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat membaca terhadap kemampuan berbahasa. Hal tersebut ditunjukkan koefisien determinan (R2) sebesar 0,180 yang berarti bahwa faktor minat membaca memberikan kontribusi terhadap kemampuan berbahasa sebesar

18% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: minat membaca, kemampuan berbahasa, SD

Abstract

This  research aims  at determining  reading  interest’s  effect  on  language ability of fifth grade students in Elementary School Gugus II Gembongan Sentolo District. This research used quantitative approach with expost facto research type. Population in this research were fifth grader totalling 96 students. Data collection techniques used questionnaire and test method. Data analyzed used normality test and linearity test also hypothesis test which done with simple correlation. Reading interests of students included in the passable category with the percentage of 43.8%, language ability of students included in the passable category with the percentage of 39.6%. Hypothesis test results shows there is positive  and  significant  correlation  between  reading  interest  and  language  ability.  It shows  by determinant coefficient (R2) of 0.180, which means that reading interest factors contributed to language ability by 18% and the rest was influenced by other factors not examined in this study.

Keywords : reading interest, language ability, elementary school

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.