PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SCRAMBLE KALIMAT SISWA KELAS II SDN 1 SEDAYU
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode scramble kalimat siswa kelas II SD Negeri 1 Sedayu Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 1 Sedayu Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data diolah menggunakan analisis desktiptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode scramble kalimat dapat meningkatkan aspek ketepatan membaca, kejelasan, lafal, kelancaran membaca, dan keberanian dalam membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 1 Sedayu Tahun Ajaran 2015/2016. Peningkatan hasil tes membaca sebesar 66% (pratindakan 15%, siklus II 81%).
Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, metode scramble kalimat
Abstract
This research aims at improving the learning process and early reading ability through scrambled sentence method at 2nd grade student of SDN 1 Sedayu in the academic year 2015/2016. The type of this research was Collaborative-Classroom Action Research used Kemmis&Mc Taggart model’s. The subject of this research were 21 second grade students of SDN 1 Sedayu In The Academic year 2015/2016. Data collection methods were test, observation, and documentation. The data was analyzed using qualitative and quantitative descriptive. The result of this research shows that using scrambled sentences method can improve the early reading ability at 2nd grade students of SDN 1 Sedayu in the academic year 2015/2016. The increase of reading test 66% (pre-test 15%, 2nd cycle 81%).
Keyword: early reading ability, scrambled sentences method
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.