PEMAHAMAN GURU ALIH FUNGSI TERHADAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI BROSOT GALUR KULON PROGO
Abstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru alih fungsi terhadap perkembangan peserta didik di SD Negeri Brosot. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang dapat ditarik adalah: 1) guru alih fungsi belum sepenuhnya memahami perkembangan fisik peserta didik yang ditunjukkan ketika memilih media dan sumber belajar kurang memperhatikan perbedaan individual, 2) guru alih fungsi belum memahami perkembangan intelektual peserta didik dengan baik yang ditunjukkan ketika pembelajaran guru lebih dominan menggunakan LKS daripada media, 3) guru alih fungsi kurang memahami perkembangan emosi peserta didik yang ditunjukkan ketika interaksi belajar mengajar, guru kurang memperhatikan perubahan tingkah laku peserta didik yang kurang aktif selama mengikuti proses pembelajaran sebagai cerminan perubahan emosinya, dan 4) guru alih fungsi sudah memahami perkembangan sosial dan moral peserta didik yang ditunjukkan ketika pembelajaran guru sudah mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan norma, kebiasaaan, dan nilai kebudayaan, memberikan pesan moral, dan membantu peserta didik bersosialisasi.
Kata kunci: pemahaman, guru alih fungsi, perkembangan peserta didik
Abstract
This research aims to describe about how understanding teacher over the function against the development of student in SD Negeri Brosot Galur. The approach in this study is a qualitative research case study. Based on the research results, the conclusion that can be drawn are: 1) teachers over the function is not yet fully understand the physical development of learners indicated when choosing the media and learning resources less attention to individual differences, 2) teachers do not understand the transfer functions of the intellectual development of students with demonstrated good when the teacher learning more dominant than the LKS media, 3) teachers over the function less understand the emotional development of students indicated when the interaction and learning, teachers pay less attention to changes in behavior of learners who are less active during the learning process as a reflection of changes in emotions, and 4 ) teachers over the function already understand the social and moral development of students indicated when learning the teacher has to develop the potential of students in accordance with the norms, habits, and cultural values, provide a moral message, and help learners to socialize.
Keywords: understanding, teacher over the function, the development of student
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.