IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NILAI TANGGUNG JAWAB PADA SISWA KELAS III SD 1 PEDES SEDAYU BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi pembelajaran nilai tanggung jawab pada siswa kelas III SD 1 Pedes Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III, siswa kelas III, serta kepala sekolah. Objek penelitian ini berupa implementasi pembelajaran nilai tanggung jawab. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman studi dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai tanggung jawab yang diimplementasikan pada pembelajaran siswa kelas III di SD 1 Pedes yaitu: a) dapat diandalkan ketika sepakat mengerjakan sesuatu b) fokus pada pekerjaan yang sedang dikerjakan c) Meminta maaf apabila membuat kesalahan, d) berpikir sebelum bertindak. Hambatan yang dialami guru dalam mengimplementasikan pembelajaran nilai tanggung jawab adalah kurang tegasnya sanksi yang diberikan pada siswa yang melanggar aturan. Metode pembelajaran yang digunakan juga kurang bervariatif. Selain itu guru mengalami hambatan dalam mengondisikan kelas dan faktor keluarga siswa.
Kata kunci: Nilai Tanggung jawab, Siswa Kelas III.
Abstract
This study aims to describe the implementation of learning the value of responsibility in students of 3th grade SD 1 Pedes Sedayu Bantul academic year 2014/2015. This research is a qualitative descriptive. Subjects of this study is the third grade teacher, third grade students, as well as the principal. The object of this research is the implementation of learning the responsibility value. Data collected by observation, interview and documentation study. Instruments in this study are researchers with using the tools of guidelines for observation, interview guide and guidance of study document. Data were analyzed using data reduction, data presentation, and conclusion. Test the validity of the data using triangulation sources and triangulation techniques. The results showed that the values of responsibility which is implemented in teaching third-grade students at SD 1 Pedes namely: a) reliable when agreed grind b) focus on the work that is being done c) Apologise if it makes a mistake, d) thinking before acting. Barriers experienced teachers in implementing the learning value of responsibility is less specifically sanction given to students who break the rules. The learning method used is also less varied. In addition, teachers have problems in class conditioned and students family factors.
Keywords: responsibility value, students of 3th grade.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.