PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media diorama di kelas IV A SD Negeri Palbapang Baru. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa melalui tes pada pada pratindakan persentasenya adalah 15%, pada siklus I meningkat menjadi 60%, dan menjadi 85% pada siklus II dan mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan. Begitu juga dengan aktivitas siswa, siswa menjadi lebih aktif dan antusias hal itu dapat dilihat pada lembar observasi aktivitas siswa.
Kata kunci : keterampilan menulis karangan deskripsi, media diorama
Abstract
This research aims at improving the skills of essay writing description using media diorama in class IV A SDN Palbapang Baru. This research was classroom action research. Subject of this research was 20 students in class IV. The object of this research was the description of students' essay writing skills. The method used in collecting the data were test and observation. Data analysis technique used descriptive analysis of qualitative and descriptive analysis of quantitative. Result shows that student achievement through the pre test percentage are 15%, in the first cycle increase to 60% and to 85% in the second cycle and achieve success criteria that have been set. As well as student activities, students become more active and enthusiastic, it can be seen in student activities observation sheet.
Keywords: essay writing skills description, media diorama
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.