PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN KOMIK EDUKATIF
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui penggunaan komik edukatif di kelas V SD N 1 Palbapang Bantul. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini b e r j u ml a h 19 siswa kelas V tahun ajaran 2015/2016, terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa melalui tes pada pada pratindakan persentasenya adalah 21,05%, pada siklus I meningkat menjadi 42,11%, dan menjadi 100% pada siklus II dan mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan. Begitu juga dengan aktivitas siswa, siswa menjadi lebih aktif dan antusias. Hal itu dapat dilihat pada lembar observasi aktivitas siswa.
Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, komik edukatif
Abstract
This research aims at improving reading comprehension skill through the use of educational comics in class V SD N 1 Palbapang Bantul. This research was classroom action research. This research subjects are 19 fifth grade students of the 2015/2016 school year , consisting of 10 male students and 9 female students. The object of this research was the students’ reading comprehension skills. The collecting data used test and observation. Data analysis technique used qualitative and quantitative descriptive. The result shows that student achievement through the pre test percentage is 21.05%, in the first cycle increase to 42.11% and to 100% in the second cycle and achieve the criteria. As well as student activities, students become more active and enthusiastic. It can be seen in students activities observation sheet.
Keywords: reading comprehension skills, educational comics
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.