PENGGUNAAN METODE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS

Fery Rizki Fauzi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab belajar dan  hasil belajar IPS melalui penggunaan metode Think-Pair-Share pada siswa kelas V SD Negeri Margoyasan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas V SD Negeri  Margoyasan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yaitu 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tanggung jawab belajar siswa pada siklus I sebesar 62,8% dan siklus II sebesar 80,25% . Rata-rata  nilai dari 20 siswa pada siklus I  yaitu 78,75  dengan persentase sebesar 60% dan siklus II  dengan 80,75 presentase sebesar 75%. Dengan demikian penggunaan metode Think-Pair-Share dapat meningkatkan tanggung jawab belajar dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Margoyasan.

Kata kunci: think-pair-share, tanggung jawab belajar, hasil belajar IPS

Abstract

This study aims at increasing the responsibility of learning and learning outcomes through the use of IPS Think-Pair-Share in Class V SD Negeri Margoyasan.This type of research was the Classroom Action Research (CAR), which was commissioned jointly by the fifth grade elementary school teacher Margoyasan. This study used a model Kemmis & McTaggart consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were fifth grade students of SD Negeri Margoyasan of 10 male students and 10 female students. Methods of data collection using objective tests and observation. Data were analyzed descriptively qualitative and quantitative.The results show that the average of responsibility students in the first cycle of 62.8% and 80.25% for the second cycle. The average score of the 20 students in the first cycle is 78.75 with the percentage of 60% and cycle II with 80.75 percentage of 75%. Thus the use of methods Think-Pair-Share can increase learning responsibility and learning achievement Elementary School fifth grade students Margoyasan.

Keywords: think-pair-share, learning responsibility, IPS learning achievement

           

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.