HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN SRANDAKAN

Devi Kurniawati,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Srandakan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Sampel penelitian ini berjumlah 170 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dengan uji judgement expert dan analisis butir dengan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa kelas V SD negeri se-Kecamatan Srandakan Bantul Yogyakarta TA 2015/2016. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Pearson Correlation pada SPSS sebesar 0,706 dan nilai p 0,000 <0,05 sehingga hubungan dapat dinyatakan positif dan signifikan.
Kata kunci: efikasi diri, kemandirian belajar
Abstract
This research aims at knowing the correlation between self efficacy with self regulated learning of grade V students of elementary school in Srandakan sub-district Bantul Yogyakarta at 2015/2016 school year. This research used quantitative approach with ex post facto. There were 170 students of this research’s sample. Sample’s determination used proportionate random sampling technique. The data collecting techniques used self efficacy scale and self regulated learning scale. The validity test of the instruments used the construct validity with expert judgement and analysis item used the product moment formula. The reliability test used Cronbach Alpha formula. The determination of correlation between self efficacy and self regulated learning used product moment correlation. The research result shows that there is positive and significant correlation between self efficacy and self regulated learning of 5th grade of elementary school in Srandakan sub-district Bantul Yogyakarta at 2015/2016 school year. It is show by the result of Pearson Correlation from SPSS that 0,706 and the value p 0,000 < 0,05 so the correlation is positive and significant.
Keyword: self efficacy, self regulated learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.