PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI VIDEO PADA KELAS IV SD NEGERI SLEMAN 5
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn melalui media video pada kelas IV SD Negeri Sleman 5, Sleman tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini yaitu siswa kelas IV sebanyak 39 anak. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn menggunakan media video. Metode pengumpulan data yakni tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Sleman 5. Hal tersebut dibuktikan pada pra siklus presentasenya 38,46%, siklus I meningkat menjadi 76,92%, dan meningkat kembali menjadi 92,30% pada siklus II.
Kata kunci: prestasi belajar PKn, video
Abstract
This research objective is to improve the Civic Education learning achievement through the use of video of fourth grade students at SD Negeri Sleman 5 in academic year of 2015/2016. This research type was Classroom Action Research. The subject were fourth grade students in SD Negeri Sleman 5, who was 39 students. The object of this research was Civic Education learning achievement through the use of video. The methods of collecting data used test and observation. The data analysis technique used quantitative and qualitative descriptive. This research’s outcome shows that the use of video as media in Civic Education learning can improve learning achievement of fourth grade students in SDN Sleman 5. It is proven by the percentage of pre-cycle that 38,46% increased to 76,92% in cycle I and increased again to 92,30% in cycle II.
Keywords: Civic Education learning achievement, video
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn melalui media video pada kelas IV SD Negeri Sleman 5, Sleman tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini yaitu siswa kelas IV sebanyak 39 anak. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn menggunakan media video. Metode pengumpulan data yakni tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Sleman 5. Hal tersebut dibuktikan pada pra siklus presentasenya 38,46%, siklus I meningkat menjadi 76,92%, dan meningkat kembali menjadi 92,30% pada siklus II.
Kata kunci: prestasi belajar PKn, video
Abstract
This research objective is to improve the Civic Education learning achievement through the use of video of fourth grade students at SD Negeri Sleman 5 in academic year of 2015/2016. This research type was Classroom Action Research. The subject were fourth grade students in SD Negeri Sleman 5, who was 39 students. The object of this research was Civic Education learning achievement through the use of video. The methods of collecting data used test and observation. The data analysis technique used quantitative and qualitative descriptive. This research’s outcome shows that the use of video as media in Civic Education learning can improve learning achievement of fourth grade students in SDN Sleman 5. It is proven by the percentage of pre-cycle that 38,46% increased to 76,92% in cycle I and increased again to 92,30% in cycle II.
Keywords: Civic Education learning achievement, video
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.