PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD

Elis Tri Setyani,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media komik pembelajaran yang layak untuk digunakan siswa
dalam pembelajaran IPS topik materi sejarah perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan
Borg&Gall. Tahapan prosedur pengembangannya yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan,
pengembangan bentuk awal, uji lapangan dan revisi produk, serta revisi produk akhir. Produk media divalidasi oleh
ahli materi dan ahli media dan dinyatakan layak dengan penilaian masing-masing 4,07 dan 4,11 yang termasuk
dalam kriteria baik. Penilaian kepada siswa melalui tahap uji lapangan terbatas dan uji lapangan luas dengan
masing-masing nilai 4,16 dan 4,05 yang secara kualitatif termasuk dalam kriteria baik.
Kata kunci: media komik, pembelajaran sejarah, perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia
Abstract
This study aims at providing the comics media to use by students in social sciences learning about the
history of the struggle of Indonesian’s independence material in 5th grade of elementary school. The kind of this
research was research and development by using Borg and Gall’s model. The development model consisted of
research and collecting information, planning, develop preliminary form of product, preliminsry field testing and
product revision and the last is final product revision. Product media validated by experts consisting of subject
expert and media expert with a mean of each is 4,07 and 4,11 are well qualified. The assesment to students with
limited field trials and large field trials are in good qualifying with a mean of each is 4,16 and 4,05.
Keywords: comics media, history sciences, the struggle indonesian’s independence

Refbacks

  • There are currently no refbacks.