PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BUDAYA INDONESIA UNTUK SISWA SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA

Muhammad Muslim Machbub Sulthony,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif Budaya Indonesia yang layak
digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu model four-D (define, design,
develop, desiminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Giwangan Yogyakarta sebanyak 30
orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuisioner. Analisis data
pengembangan dilakukan secara deskriptif, sedangkan analisis data kelayakan dilakukan dengan melakukan
konversi data kuantitaif kedalam data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Multimedia pembelajaran interaktif
Budaya Indonesia yang memiliki lima menu utama yaitu kompetensi, materi kamu, ayo bermain, petunjuk, dan
profil, dan (2) Kelayakan multimedia ditentukan dari hasil validasi ahli dengan rerata skor 3,62 yang termasuk
dalam kategori sangat layak, dilanjutkan hasil respon pengguna dengan dengan rerata skor 3,54 yang termasuk
dalam kategori sangat layak, sehingga multimedia pembelajaran interaktif Budaya Indonesia dinyatakan sangat
layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan Multimedia, Budaya Indonesia
Abstract
This study aims to create interactive learning multimedia for the Indonesian Culture fit for use. This was a
research and development study referring to the four-D (define, design, develop, desiminate) model. The research
subjects were fifth Grade students of Giwangan Elementary School Yogyakarta with a total of 30 students. The
Data werw collected through observations, interviews and questionnaires. The development data analysis was
descriptively done while the appropriatness data analysis was done by converting quantitative data into qualitative
data.. The results of the study are as follows (1) The interactive learning multimedia for the Indonesian Culture
which consisting of five primary menus, namely those ‘kompetensi’, ‘materi kamu’, ‘ayo bermain’, ‘petunjuk’, and
‘profil’, and (2) The multimedia appropriatness was determined by the results of the expert validation with a mean
score of 3.62 which was in the very appropriatness category, followed the results by the users responses with a
mean score of 3.54 which was in the very appropriatness category, therefore the interactive learning multimedia
for the Indonesian Culture is very appropriatness to be used in learning.
Keywords: Multimedia Development, Indonesian Culture

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.