PENERAPAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PELAJARAN PKN KELAS VA SDN PUNGKURAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
PKn kelas VA di SDN Pungkuran melalui penerapan model quantum learning. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA sejumlah 22 siswa. Desain penelitian
menggunakan model bersiklus yang dikembangkan oleh Stephen dan McTaggart. Instrumen pengumpulan data
yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar angket. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model quantum learning dengan
menggunakan strategi TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan) dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VA. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket
yaitu motivasi belajar siswa yang masuk dalam kategori tinggi atau sangat tinggi memiliki persentase sebesar 41%
pada pra tindakan meningkat menjadi 68% pada siklus I. Persentase tersebut kembali meningkat pada siklus II
menjadi 86%.
Kata kunci : quantum learning, motivasi belajar siswa, PKn
Abstract
This research aims at knowing how to increase student’s learning motivation of grade VA students of SDN
Pungkuran in civics by applying quantum learning model. This research was classroom action research. The
subjects were 22 students of grade VA. The design was cyclical model that was developed by Stephen and
McTaggart. The Instruments of collection of data used observation sheets and questionnaires. Techniques of
analysis was quantitative and qualitative descriptive. The results shows that applying quantum learning model with
the strategy of TANDUR (Tumbuhkan means to enroll, Alami means to experience, Namai means to label,
Demonstrasi means to demonstrate, Ulangi means to review, and Rayakan means to celebrate) is able to increase
student’s learning motivation of grade VA students in civics. The results of questionnaires shows that student's
learning motivation into high or very high category that has a percentage of 41% on pre-action increase to 68% in
cycle I. This percentage increase in cycle II to 86%.
Keyword: quantum learning model, student’s learning motivation, civics
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.