IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS III B SD NEGERI TAMANAN, KAUMAN, BANGUNTAPAN, BANTUL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan matematika realistik
(PMR) di kelas III B SD Negeri Tamanan, Bantul. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan proses implementasi PMR di kelas III B sudah mengacu dengan karakteristik
PMR yaitu a) penggunaan konteks, b) penggunaan model, c) kontribusi siswa, d) kegiatan interaktif dan
e) keterkaitan. Adapun hambatan yang ditemui guru ketika pelaksanaan pembelajaran dengan PMR
adalah a) keterbatasan dalam membuat media, b) kesulitan siswa dalam mengungkapkan gagasan dan c)
keterbatasan alokasi waktu.
Kata kunci: implementasi, Pendidikan Matematika Realistik (PMR), siswa SD
Abstract
This research aims at describing the implementation of Realistic Mathematic Education (RME)in class III B
SD N Tamanan. This research was qualitative descriptive. Data collection techniques used observation, interviewe,
and documentation. Data analysis technique used data reduction, data presentation, and conclusion and
verification.The result of research shows that the implementation RME are matched with characteristic of RME,
include a) context, b) used models, c) students contributed, d) interactive activity, and e) intertwinment. The
obstacles encountered by teachers when teaching practices with PMR include a) limitations to create media, b)
students difficultied to showed their ideas and c ) the limitations of time allocation .
Keywords: implementation, Realistic Mathematic Education, elementary students.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan matematika realistik
(PMR) di kelas III B SD Negeri Tamanan, Bantul. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan proses implementasi PMR di kelas III B sudah mengacu dengan karakteristik
PMR yaitu a) penggunaan konteks, b) penggunaan model, c) kontribusi siswa, d) kegiatan interaktif dan
e) keterkaitan. Adapun hambatan yang ditemui guru ketika pelaksanaan pembelajaran dengan PMR
adalah a) keterbatasan dalam membuat media, b) kesulitan siswa dalam mengungkapkan gagasan dan c)
keterbatasan alokasi waktu.
Kata kunci: implementasi, Pendidikan Matematika Realistik (PMR), siswa SD
Abstract
This research aims at describing the implementation of Realistic Mathematic Education (RME)in class III B
SD N Tamanan. This research was qualitative descriptive. Data collection techniques used observation, interviewe,
and documentation. Data analysis technique used data reduction, data presentation, and conclusion and
verification.The result of research shows that the implementation RME are matched with characteristic of RME,
include a) context, b) used models, c) students contributed, d) interactive activity, and e) intertwinment. The
obstacles encountered by teachers when teaching practices with PMR include a) limitations to create media, b)
students difficultied to showed their ideas and c ) the limitations of time allocation .
Keywords: implementation, Realistic Mathematic Education, elementary students.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.