KEMATANGAN EMOSI PADA “ASD” SISWA BERPRESTASI KELAS VA SD NEGERI 4 WATES
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kematangan emosi pada salah satu siswa berprestasi di kelas VA SD Negeri 4 Wates. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek seorang siswa berprestasi di kelas VA SD Negeri 4 Wates. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan aspek kesadaran emosi, penerimaan emosi, cara berinteraksi dengan orang lain dan penguatan dalam bergerak dan bertindak, tampak kematangan emosi pada siswa berprestasi kurang sesuai dengan kemampuan kognitif yang dimiliki. Siswa berprestasi kurang wajar dalam mengekspresikan perasaan yang dialami karena masih berlebihan dan meledak-ledak. Siswa berprestasi berperilaku kurang sesuai dengan usianya karena berkaitan dengan kepribadian sebagai anak tunggal yang ditunjukkan dengan egosentris tinggi dan ingin dominan sehingga dianggap kekanak-kanakan dan kurang diterima oleh orang lain.
Kata kunci: kematangan emosi, siswa berprestasi
Abstract
This research aimed to describe about the emotional mature of an achievement student at class VA SD N 4 Wates. This research used qualitative approach with study case type and the subject was an achievement student at class VA SD N 4 Wates. The data collecting technique used observation, interview, and documentation study. The data analysis technique used data reduction, data display, and conclusion. The data validation used source triangulation and technique triangulation. The research result showed that based on emotional awareness aspect, emotional acceptance, interaction way with other and reinforcement in movement and taking step appeared the achievement student emotional mature was not appropriate with the cognitive ability. That student was less proper in expressing feeling that be done because still abundant and blew out. The student did not act appropriate with her age because be related to her personality as singular child that be showed with high egocentric and dominant will so she reputed childish and did not quite accept with other.
Keywords: emotional mature, student achievement
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kematangan emosi pada salah satu siswa berprestasi di kelas VA SD Negeri 4 Wates. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek seorang siswa berprestasi di kelas VA SD Negeri 4 Wates. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan aspek kesadaran emosi, penerimaan emosi, cara berinteraksi dengan orang lain dan penguatan dalam bergerak dan bertindak, tampak kematangan emosi pada siswa berprestasi kurang sesuai dengan kemampuan kognitif yang dimiliki. Siswa berprestasi kurang wajar dalam mengekspresikan perasaan yang dialami karena masih berlebihan dan meledak-ledak. Siswa berprestasi berperilaku kurang sesuai dengan usianya karena berkaitan dengan kepribadian sebagai anak tunggal yang ditunjukkan dengan egosentris tinggi dan ingin dominan sehingga dianggap kekanak-kanakan dan kurang diterima oleh orang lain.
Kata kunci: kematangan emosi, siswa berprestasi
Abstract
This research aimed to describe about the emotional mature of an achievement student at class VA SD N 4 Wates. This research used qualitative approach with study case type and the subject was an achievement student at class VA SD N 4 Wates. The data collecting technique used observation, interview, and documentation study. The data analysis technique used data reduction, data display, and conclusion. The data validation used source triangulation and technique triangulation. The research result showed that based on emotional awareness aspect, emotional acceptance, interaction way with other and reinforcement in movement and taking step appeared the achievement student emotional mature was not appropriate with the cognitive ability. That student was less proper in expressing feeling that be done because still abundant and blew out. The student did not act appropriate with her age because be related to her personality as singular child that be showed with high egocentric and dominant will so she reputed childish and did not quite accept with other.
Keywords: emotional mature, student achievement
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.