PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAMBLE AKSARA JAWA UNTUK KELAS IV

fani akdiana,

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran scramble aksara Jawa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran aksara Jawa di kelas IV SD N Samirono . Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Borg and Gall (1983). Tahapan penelitian terdiri atas exploration, draft development, dan field testing. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, obervasi, dan angket. Setelah produk awal media dihasilkan lalu divalidasi ahli materi dan media untuk mendapatkan media yang layak. Media yang sudah layak lalu diuji cobakan pada 31 siswa kelas IV SD N Samirono yang dibagi menjadi tiga tahapan yaitu uji coba pendahuluan kepada dua siswa, uji coba kelompok kecil kepada sepuluh siswa, dan uji coba lapangan kepada 19 siswa. Hasil penilaian media oleh ahli materi adalah 4,5 (Sangat Baik) dan oleh ahli media adalah 4.6 (Sangat Baik). Hasil uji coba pendahuluan adalah 3.95 (Baik), uji coba kelompok kecil adalah 3.82 (Baik), dan uji coba lapangan adalah 3.921 (Baik). Kata kunci: Media Pembelajaran, Scramble Aksara Jawa, Kelas IV SD

Abstract

This research aims at developing the learning media of aksara Jawa scramble so it can be use in aksara Jawa learning in 4th grade of SD N Samirono. The kind of this research was Research and Development by Borg and Gall (1983). The steps of this research were exploration, draft development, and field testing. The collecting data method was using interview, observation, and questionnaire. After produced the early product, then it was validated by content expert and media expert to get the proper media. The proper media was being tested to 31 student of 4th grade of SD N Samirono which was divided into three steps, they were one to one testing to two students, small group testing to ten students, and big group testing to nineteen students. The validation result from content expert is 4.5 (Very Good) and from media expert is 4.6 (Very Good). Then, the field testing result from one to one testing is 3.95 (Good), small group testing is 3.82 (Good), and big group testing is 3.921 (Good). Keywords: Learning Media, Aksara Jawa Scramble, 4th Grade Elementary School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.