PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA KELAS IVB SDN PANGGANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelas IVB SD Negeri Panggang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas IVB Sekolah Dasar Negeri Panggang. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri Panggang yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan cacatan lapangan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa yang mencapai kriteria tinggi dari 22 siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut juga diikuti dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap aspeknya. Aspek tersebut diantaranya yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis,dan merumuskan kesimpulan.
Kata kunci: Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPA, Strategi Pembelajaran Inkuiri terbimbing
Abstract
The research aims to improve students science learning activities through implementation of guidance inquiry learning strategy on grade IVB Panggang State Elementary School. This research type was class action research that be done collaboratively with the teacher of grade IVB Panggang State Elemtary School. This research used Kemmis and Mc. Taggart model that included 3 steps, there were planning, acton and observation, and reflection. This research subject were 22 student class IVB Panggang State Elementary School. The data collecting used observation and journal. The data analysis at this research used quantitative and qualitative descriptive. The research result show that student learning activities that getting high criteria from 22 students rised from cycle I to cycle II. That improvisation of student learning activities on each aspect. That aspects included orientation, problem formulation, hypothesis formulation, data collecting, hypothesis experiment, and conclution.
keywords: learning activities,science learning, guidance inquiry learning strategy.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelas IVB SD Negeri Panggang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas IVB Sekolah Dasar Negeri Panggang. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri Panggang yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan cacatan lapangan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa yang mencapai kriteria tinggi dari 22 siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut juga diikuti dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap aspeknya. Aspek tersebut diantaranya yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis,dan merumuskan kesimpulan.
Kata kunci: Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPA, Strategi Pembelajaran Inkuiri terbimbing
Abstract
The research aims to improve students science learning activities through implementation of guidance inquiry learning strategy on grade IVB Panggang State Elementary School. This research type was class action research that be done collaboratively with the teacher of grade IVB Panggang State Elemtary School. This research used Kemmis and Mc. Taggart model that included 3 steps, there were planning, acton and observation, and reflection. This research subject were 22 student class IVB Panggang State Elementary School. The data collecting used observation and journal. The data analysis at this research used quantitative and qualitative descriptive. The research result show that student learning activities that getting high criteria from 22 students rised from cycle I to cycle II. That improvisation of student learning activities on each aspect. That aspects included orientation, problem formulation, hypothesis formulation, data collecting, hypothesis experiment, and conclution.
keywords: learning activities,science learning, guidance inquiry learning strategy.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.