PENINGKATAN SIKAP DISIPLIN MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL SISWA KELAS V SD NAHDLATUL ULAMA’ YOGYAKARTA

Khusnia Ekawati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin siswa kelas V SD Nahdlatul Ulama’ Yogyakarta menggunakan permainan tradisional. Metode penelitian ini menggunakan metode action research. Pungumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, sedangkan objek penelitiannya adalah sikap disiplin. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional dapat meningkatkan sikap disiplin siswa dalam tiga siklus. Pada tahap pratindakan, hasilnya menunjukkan 60% dari jumlah siswa memiliki kedisiplinan kategori tinggi dan mayoritas siswa pada kategori sikap disiplin mulai terlihat. Setelah mendapatkan tindakan yang menekankan pada penjelasan peraturan, kesepakatan antar pemain, pendampingan, dan diskusi diakhir permainan, pada Siklus III hasilnya meningkat menjadi 92% dari jumlah siswa masuk dalam kedisiplinan kategori tinggi dan mayoritas sikap disiplin siswa masuk pada kategori mulai berkembang.

Kata kunci: Permainan Tradisional, Sikap Disiplin

Abstract

The purpose of this research is to increase attitude of discipline at fifth in  SD  Nahdlatul  Ulama’ Yogyakarta using traditional games. This research used the actions research method. Subject of this research is all student at fifth class and object of this research is attitude of discipline. Data had been collected by used questionnaires, observations, and interviews. Furthemore, data had been analysized by quantitative and qualitative. The pre-action stage,the results showed 60% of students have high discipline category and majority of students on the category attitude of discipline began to appear. After getting the action that emphasizes the explanation of the rules, an agreement by the players, mentoring, and discussion at the end of the game, the third cycle the result is increased to 92% of students in the high discipline category and majority of students on the category began to progress.

Keywords : traditional games, attitude of discipline


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.