PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS V SD NEGERI KOWANGBINANGUN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK

Ratih Sayekti,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan narasi
menggunakan media komik di kelas V SD Negeri Kowangbinangun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas kolaborasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 19 siswa. Pengumpulan data
menggunakan metode tes, pengamatan, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik dapat meningkatkan proses pembelajaran dan
keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V. Siswa terlihat lebih semangat, aktif, dan antusias dalam
mengikuti pembelajaran. Nilai rerata keterampilan menulis siswa pada tahap pratindakan yaitu 61,53, meningkat
pada siklus I menjadi 69,16, dan meningkat pada siklus II menjadi 77,22. Persentase ketuntasan siswa pada tahap
pratindakan 15,79% (3 siswa), meningkat pada siklus I menjadi 47,37% (9 siswa), dan meningkat pada siklus II
menjadi 83,33% (15 siswa).
Kata kunci: menulis karangan narasi, media komik, sekolah dasar
Abstract
This research aim at improving the learning process and writing narration skills using comics media in
fifth grade students of SD Kowangbinangun. This research was a collaboration classroom action research. The
subjects were fifth grade students totaling 19 students. Collecting data used the test method, observation, and
documentation. Data were analyzed by descriptive statistics. The results shows that comics media can enhance the
learning process and writing narration skills in fifth grade students. The students seem more spirit, active, and
enthusiastic in learning writing a narration. The average score of students writing skills in the pre-action stage are
61,53, increase in the first cycle to 69,16, and increase in the second cycle to 77,22. The percentage of students in
the pre-action stage are 15,79% (3 students), increase in the first cycle to 47,37% (9 students), and increase in the
second cycle to 83,88% (15 students).
Keywords: narration writing, comics media, elementary school

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.