PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita menggunakan media boneka tangan
siswa kelas III SD Negeri Kasongan Bantul.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model
penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data dilakukan
melalui observasi dan tes unjuk kerja berupa tes bercerita. Teknik analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bercerita
siswa mengalami peningkatan melalui penggunaan media boneka tangan. Pada prasiklus nilai rata-rata
keterampilan bercerita 69,28 meningkat menjadi 74.25 pada siklus I dan 79,32 pada siklus II. Persentase
siswa yang sudah mencapai KKM keterampilan bercerita juga mengalami peningkatan dari 36% pada
prasiklus meningkat menjadi 42,4% pada siklus I dan 84,85% pada siklus II.
Kata kunci: keterampilan bercerita, media boneka tangan
Abstract
This research aimed at improving retelling skills using hand puppets media on the third grade students of
SD Negeri Kasongan Bantul. The research type was a collaborative classroom action research. The
research design used Kemmis and Mc. Taggart cycle models. The data collection techniques were used
observations and storytelling performance tests. The data were analysed using qualitative and
quantitative descriptive. The result shows that retelling skills of the students can be improved by using
hand puppets media. The attitude of the students are also more expressive. The results can be seen in the
average value of student’s retelling skills of the test the prescore 69.28 increases to 74.25 in the first
cycle and 79.32 in the second cycle. The percentage of students who have reached KKM retelling skills
also increase from 36% in precycle to 42.4% in the first cycle and 84.85% in the second cycle.
Key Words: telling skills, hand puppets media
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.