PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA SIAGA UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN GEMPA BUMI

Sandra Astrie Kurniawati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran ular tangga siaga gempa bumi, yang akan digunakan untuk pembelajaran ekstrakulikuler PMR. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), dengan memodifikasi model 4-D menjadi 3-D yaitu Define, Design, dan Develop. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli pada aspek materi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikaan, serta penilaian oleh praktisi. Media diujicobakan secara terbatas dan ujicoba lapangan pada anggota PMR di SDN Bhyangkara Yogyakarta. Tingkat kesiapsiagaan siswa terhadap bencana gempa bumi dites menggunakan kuesioner dari LIPI. Tes dilakukan sebelum dan sesudah menggunakan media. Hasil penelitian menunjukkan media ular tangga siaga bencana gempa bumi berhasil dikembangkan melalui 4 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan. Uji kelayakan media dengan materi kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi memperoleh kategori sangat baik menurut ahli pada aspek materi, penyajian, kebahasaan, kegrafikaan. Praktisi memberikan penilaian terhadap media dengan kategori baik. Hasil uji coba terbatas memperoleh kategori sangat baik dan hasil uji coba lapangan memperoleh hasil baik. Tingkat kesiapsiagaan siswa setelah menggunakan media mengalami kenaikan.

Kata kunci: media ular tangga siaga, kesiapsiagaan, gempa bumi

Abstract

This research aims to produce a learning medium in the form of prepared-snake and ladders which is used for extracurricular Junior Red Cross learning activity. The type of this research is research and development (R and D) by modifying 4-D model into 3-D model, there are Define, Design, and Develop.  The  developed  medium  is  validated  by  experts  on  the  content,  presentation, graphic  and linguistic aspect, and assessment by practitioner. The medium was tried out in limited and field trial to the members of Junior Red Cross in Bhayangkara Elementary School Yogyakarta. The students’ preparedness level of earthquake disaster was  tested by using questionnaire from LIPI (Indonesian Science Institution). The test was done before and after using the medium. The result of eligibility test of the medium with material of preparedness against earthquake disaster obtained a very well category, according to experts on the content, presentation, linguistic and graphic. Practitioner gave judgment against the medium by a good category. The result of limited trial and field trial obtained a well category. The preparedness level of each student has increased from before and after using the medium. Students show  enthusiasm  when using  medium  to  give  material  about  the  preparedness  against earthquake disaster.

Keywords: medium, preparedness, earthquake


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.