PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA KELAS IV SD 1 CEPOKOJAJAR KABUPATEN BANTUL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada kelas IV SD 1 Cepokojajar pada Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas sebagai observer. Desain penelitian menggunakan Model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tiga komponen, yaitu perencanaan (plan), tindakan dan pengamatan (act and observe), dan refleksi (reflect). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD 1 Cepokojajar yang berjumlah 23 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA. Pengumpulan data dilaksanakan dengan lembar observasi dan catatan lapangan. Validitas instrumen dilakukan melalui expert judgement dengan teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkat keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA yang dilaksanakan diluar kelas (outdoor activity) dengan pembagian kelompok dan memberikan kebebasan kepada siswa dalam mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase keaktifan siswa setiap siklusnya. Presentase keaktifan siswa pada pra tindakan sebesar 0%. Pada siklus I terjadi peningkatan keaktifan siswa dari 0% menjadi 52,17% sebesar 52,17%. Pada siklus II terjadi peningkatan dari 52,17% menjadi 78,26% sebesar 34,79%.
Kata kunci : keaktifan siswa, lingkungan sekitar.
Abstract
The purpose of this research is to improve the IV grade students’ liveliness in natural sciences subject through the utilization of the environment as a learning resource in class SD 1 Cepokojajar in the academic year of 2014/2015. It was an action research which collaborate with the class teacher as the observer. The research design used is a Model by Kemmis and McTaggart that consists of three components, namely plan, act and observe, and reflect. The subject of this research were the teacher and IV grade students of SD 1 Cepokojajar that consists of 23 students, while the object of the research is the students’ liveliness in learning Natural Sciences subject. The data were collected through the observation sheets and field notes. The instruments validity was conducted through the expert judgment with data analysis technique descriptive-quantitatively and qualitatively. The results showed that the utilization of the environment as a learning resource was able to improve the students’ liveliness in learning Natural Sciences subject conducted outside the classroom by grouping and giving freedom to students in exploring the surrounding environment. It can be seen from the increase in the percentage of students’ liveliness per cycle. The percentage of students’ liveliness on pre-action was 0%. In cycle I, the students’ liveliness increased 52.17% from 0% to 52.17%. In cycle II, it increased 34,79% from 52.17% to 78.26%.
Keywords : students’ liveliness, surrounding environment
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.