PENGEMBANGAN MEDIA LINGKARAN KATA BENDA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS I SDIT LHI YOGYAKARTA

Shinta Fitri Utami,

Abstract


Abstrak

Penelitian  dan  pengembangan  ini  bertujuan  untuk  menghasilkan  media  Lingkaran  Kata  Benda (KAKANDA) yang  layak  digunakan  dalam  pembelajaran  bahasa  Inggris  kelas  I  SD.  Penelitian  dan pengembangan  ini mengadopsi model pengembangan Borg&Gall hingga langkah ketujuh, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk utama,  uji  coba  lapangan  utama,  revisi  produk  operasional.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, skala penilaian produk oleh ahli, angket respon guru dan siswa. Subjek uji coba lapangan utama adalah 1 guru dan 6 siswa kelas I SD. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif  kuantitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  media  KAKANDA  dikatakan  layak  sebagai media  pembelajaran  bahasa  Inggris  kelas  I  SD.  Hasil  validasi  ahli  media  memperoleh  skor  rata-rata  3,4 (sangat  baik).  Hasil  validasi  ahli  materi  memperoleh  skor  rata-rata  3,4  (sangat  baik).  Hasil  respon  guru mendapatkan  skor  rata-rata  3,73  (sangat  baik),  dan  hasil  respon  siswa  memperoleh  rata-rata  presentase 96.67% (sangat baik).

Kata kunci: Media, Lingkaran Kata Benda, Kakanda, Bahasa Inggris, Kelas I SD

 

Abstract

The research and development aims to produce Noun Circle (KAKANDA) as  a learning media which suitable for  the  Ist  grade  English  learning  of  elementary  school.  This  research  and  development  adopted  the  Borg&Gall development  model  to  the  seventh  step.  The  steps  were  research  and  information  collecting,  planning,  develop preliminary  form  of  product, preliminary  field testing,  main  product  revision, main field  testing,  and  operational product revision. Data collection techniques used observation, interview,  documentation, product rating scale by experts, teacher and student response questionnaires. The main field testing subjects were 1 teacher and 6 Ist grade elementary students. The data analysis technique used quantitative descriptive statistics. The results shown that Noun Circle media were suitable as a learning media for the Ist grade English learning of elementary school. Media expert validation obtained an average score of 3.4 (very good). Material expert validation obtained an average score of 3.4 (very good). Teacher response acquired an average score of 3.73 (very good), and student response acquired an average percentage of 96,67% (very good).

Keywords: Media, Noun Circle, Kakanda, English Learning, Ist Grade Elementary School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.