PENGEMBANGAN MEDIA LINGKARAN KATA BENDA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS I SDIT LHI YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media Lingkaran Kata Benda (KAKANDA) yang layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas I SD. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Borg&Gall hingga langkah ketujuh, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, skala penilaian produk oleh ahli, angket respon guru dan siswa. Subjek uji coba lapangan utama adalah 1 guru dan 6 siswa kelas I SD. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media KAKANDA dikatakan layak sebagai media pembelajaran bahasa Inggris kelas I SD. Hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 3,4 (sangat baik). Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,4 (sangat baik). Hasil respon guru mendapatkan skor rata-rata 3,73 (sangat baik), dan hasil respon siswa memperoleh rata-rata presentase 96.67% (sangat baik).
Kata kunci: Media, Lingkaran Kata Benda, Kakanda, Bahasa Inggris, Kelas I SD
Abstract
The research and development aims to produce Noun Circle (KAKANDA) as a learning media which suitable for the Ist grade English learning of elementary school. This research and development adopted the Borg&Gall development model to the seventh step. The steps were research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, and operational product revision. Data collection techniques used observation, interview, documentation, product rating scale by experts, teacher and student response questionnaires. The main field testing subjects were 1 teacher and 6 Ist grade elementary students. The data analysis technique used quantitative descriptive statistics. The results shown that Noun Circle media were suitable as a learning media for the Ist grade English learning of elementary school. Media expert validation obtained an average score of 3.4 (very good). Material expert validation obtained an average score of 3.4 (very good). Teacher response acquired an average score of 3.73 (very good), and student response acquired an average percentage of 96,67% (very good).
Keywords: Media, Noun Circle, Kakanda, English Learning, Ist Grade Elementary School
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.