EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SEKOLAH DASAR NEGERI PLAYEN III KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Rachma Herlyani,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui keterlaksanaan program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Sekolah Dasar Negeri Playen III Kabupaten Gunungkidul melalui empat komponen, yaitu: 1) Context, 2) Input, 3) Process, dan 4) Product. Program dilaksanakan menggunakan pendekatan kombinasi antara daring dengan luring. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif.  Subjek penelitian, yaitu tujuh penyelenggara program dan enam pelaksana program dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aspek context, yaitu latar belakang program adalah merealisasikan kebutuhan akan pendidikan pada masa pandemi dan tujuan program, yaitu dapat melindungi warga dalam satuan pendidikan dengan  tetap  memberikan  hak  peserta  didik  dalam  memperoleh  layanan  pendidikan.  2)  Aspek  input,  yaitu kemampuan guru mempersiapkan pembelajaran dan menggunakan teknologi informasi sudah sesuai, namun perlu  adanya  pengembangan.  Kemampuan  peserta  didik  menggunakan  teknologi  informasi  sudah  sesuai. Kesesuaian  materi  pelajaran  dengan  kurikulum  sudah  terpenuhi,  namun  kesesuaian  materi  dengan  pedoman belum  terpenuhi  sehingga  perlu  adanya  perbaikan.  Sarana  prasarana  yang  digunakan  sudah  mencukupi  dan sesuai dengan kebutuhan program. 3) Aspek process, yaitu metode dan media pembelajaran yang digunakan sudah  sesuai,  namun  perlu  adanya  variasi  agar  pembelajaran  tidak  monoton.  Pelaksanaan  program  kurang sesuai dengan jadwal perencanaan sehingga perlu adanya perbaikan agar program terlaksana sesuai waktu yang ditetapkan. Kegiatan pembelajaran peserta didik sudah sesuai dengan pedoman dan metode yang digunakan. 4) Aspek product, yaitu metode penilaian hasil belajar peserta didik sudah sesuai dengan permendikbud.

Kata kunci: evaluasi, program, pembelajaran jarak jauh

 

Abstract

This study aims to determine the implementation of the Distance Learning Program in Playen III State Elementary  School,  Gunungkidul  Regency,  through  four  components,  consist  of:  1)  Context,  2)  Input,  3) Process, and 4) Product. The program is implemented using a combination approach between online and offline learning. This research was an evaluative research with a descriptive type of qualitative approach. The subjects of  this  research  were  the  seven  program  administrators  and  six  program  implementers,  using  purposive sampling. The data collections were conducted by interview, observation, and documentation study. Moreover, the validity test was conducted thru triangulation of source and technique. The data was analyzed by using Miles and  Huberman  model.  The  results  of  this  research  showed  that:  1)  Context  aspect;  the  background  of  this program  was  to  realizing  the  need  for  education  during  the  pandemic.  Furthermore,  the  purpose  of  this program was to protect citizens in educational units while still giving students the right to obtain educational services. 2) Input aspect; the ability of teachers to prepare lessons and the use of information technology, is appropriate, but it still needs some development. The ability of students to use information and technology is appropriate. The suitability of the subject matter with the curriculum has been fulfilled, but the conformity of the material with the guidelines has not been fulfilled, so it still needs some improvement. The infrastructures used is sufficient and in accordance with the needs of the program. 3) Process aspect; the methods and media used  for  learning  are  appropriate,  but  there  is  a  need  for  variations  so  that  the  learning  process  is  not monotonous. Implemented program was not in accordance with the planning schedule, thats why improvement are needed, so that the program is implemented according to the planned schedule.  The  learning  activities  of students  are  in  accordance  with  the  guidelines  and  methods  used.  4)  Product  aspect;  the  method  of assessing student learning output was in accordance with the Minister of Education and Culture Regulations.

Keywords: evaluation, program, distance learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.