HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR

Nurwinda Istiqomah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan dukungan sosial orang tua dengan tanggung jawab, (2) hubungan kemandirian belajar dengan tanggung jawab belajar, dan (3) hubungan dukungan sosial orang tua dan kemandirian  belajar  secara  bersama-sama  dengan  tanggung  jawab  belajar  perserta  didik  kelas  V  SD  se-Gugus Gilangharjo  dalam  pembelajaran  jarak  jauh.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif  korelasional  dengan populasi  berjumlah  136  peserta  didik.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  korelasi  Product  Moment  dan korelasi  ganda.  Hasil  penelitian  menunjukkan  ada  hubungan  positif  antara  dukungan  sosial  orang  tua  dengan tanggung jawab belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,582 termasuk pada kategori sedang. Ada hubungan positif  antara  kemandirian  belajar  dengan  tanggung  jawab  belajar  dengan  nilai  koefisien  korelasi  sebesar  0,670 termasuk dalam kategori kuat. Ada hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan tanggung jawab belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,725 termasuk dalam kategori kuat.

Kata Kunci: Dukungan Sosial Orangtua, Kemandirian Belajar, Tanggung Jawab Belajar

 

Abstract

This study aims to determine: (1) the relationship between parental social support and responsibility, (2) the relationship between learning independence and learning responsibility, and (3) the relationship between parental social support and learning independence together with participant learning responsibility. fifth grade elementary school students in the Gilangharjo Cluster in distance learning. This research is a correlational quantitative research with a population of 136 students. The data analysis  technique used is Product Moment correlation and multiple correlation. The results showed that there was a positive relationship between parental social support and learning responsibility  with  a  correlation  coefficient  of  0.582  including  in  the  medium  category.  There  is  a  positive relationship between learning independence and learning responsibility with a correlation coefficient value of 0.670 which  is  included  in  the  strong  category.  There  is  a  positive  relationship  between  parental  social  support  and independent learning together with learning responsibility with a correlation value of 0.725 which is included in the strong category.

Keywords: Parental Social Support, Independent Learning, Learning Responsibilities


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.