HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DAN INTENSITAS POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA KELAS 5 SD NEGERI SE-KELURAHAN SUMBERAGUNG, MOYUDAN

Ma’rifatun Nuridho,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan intensitas penggunaan gadget dengan karakter  peduli  sosial  siswa;  2)  Hubungan  intensitas  pola  asuh  orang  tua  dengan  karakter  peduli  sosial  siswa;  3) Hubungan intensitas penggunaan gadget dan intensitas pola asuh orang tua secara bersama dengan karakter peduli sosial siswa kelas 5 SD. Jenis penelitian berdasarkan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian ex-post facto dengan tipe korelasional  kausal.  Uji  validitas  instrumen  menggunakan  validitas  isi  dengan  teknik  expert  judgement  dan  uji reliabilitas  menggunakan  rumus  Alpha  Cronbach.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  teknik  koefisien korelasi  sederhana  dan  berganda.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  1)  intensitas  penggunaan  gadget berhubungan positif dengan karakter peduli sosial dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,549 yang berkategori; 2) intensitas  pola  asuh  orang  tua  berhubungan  positif  dengan  karakter  peduli  sosial  dengan  nilai  koefisien  korelasi sebesar  0,493  yang  berkategori  cukup;  3)  intensitas  penggunaan  gadget  dan  intensitas  pola  asuh  orang  tua berhubungan positif dan simultan dengan karakter peduli sosial siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,588 yang  berkategori  kuat.  Variabel  penggunaan  gadget  dan  variabel  pola  asuh  orang  tua  secara  bersama- sama memberikan sumbangan efektif sebesar 34,7% terhadap karakter peduli sosial siswa.

Kata kunci: Intensitas Penggunaan Gadget, Intensitas Pola Asuh, Peduli Sosial

 

Abstract

This research was conducted to know: 1) the correlation between the intensity of the use of gadgets and the character of students' social care; 2) The correlation between the intensity of parenting style and students' social caring character; 3) The correlation between the intensity of the use of gadgets and parenting styles together with the social care characters of grade 5 elementary school students. This type of research is based on a quantitative approach,  namely  ex-post  facto  research  with  causal  correlation  type.  In  this  study,  the  researcher  used  content validation  with  expert  judgment  techniques  for  instrument  validity  testing  and  Cronbach's  Alpha  formula  for reliability testing. The data analysis technique used in this study were simple and multiple correlation coefficient techniques. The results showed that: 1) the intensity of the use of gadgets is positively related to the character of social care, as evidenced by the correlation coefficient value of 0.555 which is categorized as strong; 2) the intensity of parenting style is positively related to the character of social care, as evidenced by the correlation  coefficient value of 0.481 which is categorized sufficient; 3) the intensity of the use of gadgets and the intensity of parenting styles  positively  and  simultaneously  related  with  students'  social  care  character,  as  evidenced  by  the  correlation coefficient  value  of  0.589  which  is  categorized  as  strong.  The  variables  of  the  use  of  gadget  and  parenting  style together gave an effective contribution of 34.7% to the students' social care character.

Keywords: The Intensity of Gadget Use, The Intensity of Parenting Style, Social Caring Characters


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.