HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN EFIKASI DIRI DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan tanggung jawab belajar, 2) hubungan antara efikasi diri dengan tanggung jawab belajar, 3) hubungan antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri secara bersama-sama dengan tanggung jawab belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan populasi sebanyak 112 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara dukungan sosial orang tua dengan tanggung jawab belajar sebesar 0,666 dengan nilai signifikansi 0,000 dengan kategori kuat. Korelasi antara efikasi diri dengan tanggung jawab belajar sebesar 0,803 dengan nilai signifikansi 0,000 dengan kategori sangat kuat. Korelasi antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri secara bersama-sama dengan tanggung jawab belajar sebesar 0,814 dengan nilai signifikansi 0,000 dengan kategori sangat kuat. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri dengan tanggung jawab belajar, baik secara parsial maupun secara bersama-sama.
Kata kunci: Dukungan Sosial Orang Tua, Efikasi Diri, Tanggung Jawab Belajar
Abstract
This research aims to identify : 1) relationship between parental social support with learning responsibilities, 2) relationship between self efficacy with learning responsibilities, 3) relationship between parental social support and self efficacy simultaneously with learning responsibilities. The research was a correlation quantitative with a population of 112 students. The results of this research showed that the magnitude correlation between parental social support with learning responsibilities was 0,666 with significance value 0,000 in the strong category. Correlation between self efficacy with learning responsibilities was 0,803 with significance value 0,000 in the very strong category. Correlation between parental social support and self efficacy simultaneously with learning responsibilities was 0,814 with significance value 0,000 in the very strong category. It was concluded that there was a positive relationship between parental social support and self efficacy with learning responsibilities partially or simultaneously.
Keywords: Parental Social Support, Self Efficacy, Learning Responsibilities.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.