PENGARUH KONSEP DIRI DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERCAYA DIRI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh konsep diri terhadap percaya diri; 2) pengaruh interaksi teman sebaya terhadap percaya diri; dan 3) pengaruh konsep diri dan interaksi teman sebaya terhadap percaya diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus I Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul berjumlah 283 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 149 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi yang diujicobakan kepada 150 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) konsep diri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap percaya diri siswa dengan sumbangan sebesar 37,59%; 2) interaksi teman sebaya secara parsial berpengaruh signifikan terhadap percaya diri siswa dengan sumbangan sebesar 18,61%; dan 3) konsep diri dan interaksi teman sebaya secara simultan berpengaruh terhadap percaya diri dengan sumbangan sebesar 56,2%.
Kata kunci: Konsep Diri, Interaksi Teman Sebaya, Percaya Diri
Abstract
The research aims to determine: 1) the effect of self-concept towards self-confidence, 2) the effect of peer interaction towards self-confidence, and 3) the effect self-concept and peer interaction towards the self- confidence. This study used a quantitative approach with an ex-post facto type. Population in this research were fifth grade students of elementary schools in cluster 1 Jetis district, Bantul regency which total of 238 students with sample of 149. Data were collected by using psychological scale were tested on 150 students. The testing of hypothesis used multiple linear regression. The results show that 1) self-concept has significant effect partially towards self-confidence with contribution of 37,59%; 2) peer interaction has significant effect partially towards self-confidence with contribution of 18,61%; and 3) self-concept and peer interaction have significant effect simultaneously towards self-confidence with contribution of 56,2%.
Keywords: Self-Concept, Peer Interaction, Self-Confidence
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.