PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA MIND MAP PADA SISWA KELAS V

Dhiki Roymon,

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  dan  proses  pembelajaran  menulis karangan dan hasil keterampilan menulis karangan pada siswa kelas V SD Negeri Tukangan. Subjek  penelitian  adalah  siswa  kelas  V  SD  Negeri  Tukangan  Yogyakarta  yang  memiliki  20 siswa.  Penelitian  tindakan  kelas  ini  dilakukan  dengan  dua  siklus  yaitu  siklus  I  dan  II.  Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode data termasuk:  observasi,  wawancara,  dokumentasi,  catatan  lapangan,  dan  tes  menulis  karangan deskripsi.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  adanya  peningkatan  keterampilan  menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri Tukangan mengalami peningkatan dari nilai rata- rata pra siklus sebesar 8 siswa tuntas atau sebesar 40% dan siswa yang belum tuntas 12 siswa atau sebesar 60%. Pada siklus I sebesar 5% yaitu 11 siswa tuntas atau sebesar 55% dan siswa yang  belum  tuntas  9  siswa  atau  sebesar  45%.  Pelaksanaan  siklus  II  juga  mengalami peningkatan 30% yaitu 15 siswa tuntas atau sebesar 75% dan siswa yang  belum tuntas ada 5 siswa  atau  sebesar  25%.  Penelitian  ini  dihentikan  sampai  siklus  II  karena  sudah  memenuhi kriteria keberhasilan yaitu 75% jumlah siswa sudah mencapai nilai KKM.

Kata Kunci: Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi, Media Mind Map.

 

Abstract

This study aims to improve the process of learning essay writing and the results of essay writing in grade V SD Negeri Tukangan. The research subjects were the fifth grade students of SD Negeri Tukangan  Yogyakarta,  totaling  20  students.This  classroom  action  research  was  conducted  in  two cycles, namely cycle I and cycle II. Each cycle consists of 4 stages, namely planning, implementing, observing,  and  reflecting.  Data  collection  methods  include:  observation,  interviews,  documentation, field notes, and descriptive writing tests. The results showed that there was an increase in the writing skills of descriptive essays of the fifth grade students of SD Negeri Tukangan, an increase from the pre- cycle average score of 8 students completed or by 40% and 12 students who had not completed it or by 60%. In the first cycle of 5%, 11 students completed or by 55% and 9 students who had not completed it or 45%. The implementation of cycle II also experienced an increase of 30%, namely 15 students completed or by 75% and 5 students who had not completed it or by 25%. This research was stopped until cycle II because it met the success criteria, namely 75% of the total students had reached the KKM score.

Keywords: Descriptive Writing Skills, Mind Map Media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.