HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KREATIVITAS DI KELAS TINGGI

Chandra Mawarti Wijayanti,

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  hubungan  kepercayaan  diri  dengan  kreativitas  di  kelas tinggi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain correlational berupa instrumen skala kepercayaan  diri  dan  kreativitas.  Penelitian  ini  dilaksanakan  di  SD  Negeri  se-Gugus  Mawar  Kecamatan Wonogiri  dengan  populasi  seluruh  peserta  didik  kelas  tinggi  (IV  dan  V)  dengan  total  500  peserta  didik dengan sampel penelitian berjumlah 222 peserta didik menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Analisis  data dilakukan dengan Correlation Product Moment. Hasil penelitian menghasilkan nilai reliabilitas kepercayaan diri sebesar 0,892 dan kreativitas sebesar 0,886. Hasil analisis variabel kepercayaan diri menunjukkan kategori sedang (cukup baik) dengan nilai 74-87 sebesar 50,0% dan variabel kreativitas menunjukkan  kategori  tinggi  (baik)  dengan  nilai  lebih  dari  114  sebesar  44,1%.  Hasil  uji  korelasi menunjukkan rhitung  sebesar 0,744 dengan nilai probabilitas (p) = 0,000 artinya kepercayaan diri memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kreativitas di kelas tinggi SD Negeri Se-Gugus Mawar Kecamatan Wonogiri, semakin tinggi kepercayaan diri maka secara bermakna dapat meningkatkan kreativitas anak.

Kata kunci: Kepercayaan Diri Dan Kreativitas Kelas Tinggi

 

Abstract

This study is aimed to know the relationship between self-confidence and creativity in high grade. This  research  is  a  quantitative  correlation  study  which  used  instruments  in  the  form  of  a  scale  of  self- confidence  and  a  creativity.  This  research  was  conducted  in  Elementary  School  at  Gugus  Mawar  in Wonogiri District with a population of this study was all high-grade elementary school students (4th and 5th)  with  a  total  of  500  students  with  a  study  sample  of  222  students  who  were  determined  using  the proportionate  stratified  random  sampling  technique.  Data  analysis  was  performed  using  Correlation Product Moment. The results of the study resulted in a confidence reliability value of 0.892 and a creativity reliability  value  of  0.886.  The  results  of  the  analysis  of  the  self-confidence  variable  showed  a  moderate category (good enough) with a value of 74-87 of 50.0% and the variable of creativity showed a high category (good) with a value of more than 114 of 44.1%. The results of the correlation test show rcount of 0.744 with a probability value (p) = 0.000, which means that self-confidence has a positive and significant relationship to creativity in high-grade School at Gugus Mawar in Wonogiri District, the higher self-confidence it can significantly increase children's creativity.

Keywords: Self-Confidence And High Class Creativity


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.