ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU

Candra Adi Wijaya,

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  muatan  nilai  karakter  yang  terdapat  pada  buku  pegangan siswa kelas IV semester 2 tema 7 indahnya keragaman di negeriku dan kesesuaian dengan kurikulum 2013 yang berdasarkan Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan no. 21 tahun 2016. Langkah-langkah penelitian  tersebut  yaitu  Unitizing  (Penentuan  satuan),  Sampling  (Penentuan  sampel),  Recording (Perekaman  atau  pencatatan),  Reducing  (Reduksi),  Inferring  (Penarikan  kesimpulan),  Narating (Mendeskripsikan). Keabsahan pada penelitian ini dilakukan melalui pertimbangan validitas dan reliabilitas data. Hasil penelitian analisis nilai-nilai karakter pada buku pegangan siswa kelas IV semester 2 tema 7 terdapat 7 nilai karakter yaitu nilai religius, nilai jujur, nilai disiplin, nilai santun, nilai peduli, nilai tanggung jawab,  dan  nilai  percaya  diri.  7  nilai  tersebut  sesuai  dengan  7  nilai  yang  ditanamkan  kurikulum  2013 berdasarkan pada Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan no. 21 tahun 2016 tentang standar isi.

Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, Kurikulum 2013.

 

Abstract

The study was to know the load of character value that found on the student handbook grade IV semester 2 theme 7 titled Indahnya Keragaman di Negeriku and familiarity with Curriculum 2013 according to the Rules  of  The  Ministry  of  Education  and  Culture  no.  21  year  2016.  Research  measures conducted  are Unitizing, Sampling, Recording, Reducing, Inferring, and Narating. The validity of this study was carried out by considering the validity and reliability of the data. Research results from the analysis of the character values  on  the  student  hanbook  grade  IV  semester  2  theme  7  produce  seven  character  values  which  are religious,  honest,  disciplined,  polite,  caring,  responsible,  and  confident.  The  seven  resulting  values correspond to the seven values invested in Curriculum 2013 under the rule of Ministry of Education and Culture no. 21 year 2016 about content standards.

Keywords: Character Values, Curriculum 2013.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.