UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA STIK ES KRIM PELANGI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa menggunakan media stik es krim pelangi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I di SD Negeri Grogolpenatus, Petanahan, Kebumen yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media stik es krim pelangi dapat meningkatkan hasil belajar matematikasiswa kelas I. Nilai rata-rata kelas pada pra tindakan mencapai 64,61 dan mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II yaitu dari 78,46 menjadi 86,92. Peningkatan juga terjadi pada persentase ketuntasan siswa yaitu dari pra tindakan dimana siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau 46,15%. menjadi 9 siswa atau 69,23% pada silus I dan pada siklus II menajdi sebanyak 11 siswa atau 84,61%.
Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Stik Es Krim Pelangi
Abstract
This study aims to improve students' mathematics learning outcomes using rainbow ice cream stick media. This type of research is Classroom Action Research (PTK), using the Kemmis and McTaggart model which includes planning, action and observation, as well as reflection on each cycle. The subjects in this study were 14 students of grade I at SD Negeri Grogolpenatus, Petanahan, Kebumen. Data collection techniques using tests, observation, and documentation. Data were analyzed descriptively, quantitative and qualitative. The results showed that the application of rainbow ice cream sticks media could improve the learning outcomes of class I students. The class average score in pre-action reached 64.61 and increased in cycle I and cycle II, from 78.46 to 86.92. The increase also occurred in the percentage of student completeness, namely from the pre-action where the students who completed were 6 students or 46.15%. to 9 students or 69.23% in the first syllable and in the second cycle there were 11 students or 84.61%.
Keywords: Mathematics Learning Outcomes, Rainbow Ice Cream Stick Media
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.