PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS III KECAMATAN NGANJUK KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemandirian belajar siswa kelas IV SD se-Gugus III Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV SD se-Gugus III Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus III Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 268 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 162 siswa yang ditentukan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang diujicobakan kepada 50 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala kemandirian belajar dan konsep diri. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,830 > 0,159 dan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 18,843 > 1,645. Sehingga dapat dikatakan bahwa konsep diri mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,689, yang artinya konsep diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 68,9%.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Konsep Diri
Abstract
This research is motivated by the independent learning of elementary school students grade IV Cluster III Nganjuk District, Nganjuk Regency which has adequate. This research aims to know the effect of self-concept on the learning independence of elementary school students grade IV Cluster III Nganjuk District, Nganjuk Regency. The research is used an ex-post facto quantitative study. Population in this research was elementary school students grade IV Cluster III Nganjuk District, Nganjuk Regency which total 268 students with sample totaled 162 students were taken by Slovin formula. Data were collected by using psychological scale which was tested on 50 students. The instrument of data collection are learning independence and self-concept. The validity of instrument used validity content with expert judgement technique. The reliability of instrument used Cronbach’s Alpha formula. Analysis prerequisite test used normality test and linearity test. The data analysis technique used product moment correlation and simple linear regression. The results showed that the value of r count was greater than r table, namely 0.830 > 0.159 and tcount was greater than t table, which was 18.843 > 1.645. So it can be said that self-concept has a positive and significant effect on learning independence. The coefficient of determination is 0.689, which means that self-concept has a positive and significant effect on learning independence by 68.9%.
Keywords: Self-Concept, Learning Independence.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.