PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS III KECAMATAN NGANJUK KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2020/2021

Karlina Kusumastuti,

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  kemandirian  belajar  siswa  kelas  IV  SD  se-Gugus  III Kecamatan  Nganjuk,  Kabupaten  Nganjuk  yang  belum  memadai.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui  pengaruh  konsep  diri  terhadap  kemandirian  belajar  siswa  kelas  IV  SD  se-Gugus  III Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus III Kecamatan Nganjuk,  Kabupaten  Nganjuk  yang  berjumlah  268  siswa  dengan  sampel  penelitian  berjumlah  162 siswa  yang  ditentukan  menggunakan  rumus  slovin.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  skala psikologi  yang  diujicobakan  kepada  50  siswa.  Instrumen  pengumpulan  data  menggunakan  skala kemandirian belajar dan konsep diri. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert  judgement.  Uji  reliabilitas  menggunakan  rumus  Alpha  Cronbach.  Uji  prasyarat  analisis menggunakan  uji  normalitas  dan  uji  linearitas.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  korelasi product moment dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,830 > 0,159 dan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 18,843 > 1,645. Sehingga dapat dikatakan bahwa konsep diri mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,689, yang artinya konsep diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 68,9%.

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Konsep Diri

 

Abstract

This research is motivated by the independent learning of elementary school students grade IV Cluster III Nganjuk District, Nganjuk Regency which has adequate. This research aims to know the effect of self-concept on  the  learning  independence  of  elementary  school  students  grade  IV  Cluster  III Nganjuk  District,  Nganjuk Regency. The research is used an ex-post facto quantitative study. Population in this research was elementary school students grade IV Cluster III Nganjuk District, Nganjuk Regency which total 268 students with sample totaled 162 students were taken by Slovin formula. Data were collected by using psychological scale which was tested on 50 students. The instrument of data collection are learning independence and self-concept. The validity of  instrument  used  validity  content  with  expert  judgement  technique.  The  reliability  of  instrument  used Cronbach’s Alpha formula. Analysis prerequisite test used normality test and linearity test. The data analysis technique used product moment correlation and simple linear regression. The results showed that the value of r count was greater than r table, namely 0.830 > 0.159 and tcount was greater than t table, which was 18.843 > 1.645. So it can be said that self-concept has a positive and significant effect on learning independence. The coefficient  of  determination  is  0.689,  which  means  that  self-concept  has  a positive  and  significant  effect  on learning independence by 68.9%.

Keywords: Self-Concept, Learning Independence.  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.