PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR BENCANA ERUPSI GUNUNG API UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA SISWA KELAS IV

Dwi Kurniawan,

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk media miniatur tentang erupsi gunung  api  yang  layak  untuk  meningkatkan  kesiapsiagaan  bencana  siswa  kelas  IV  SD  N  Kledokan. Penelitian  ini  menggunakan  metode  penelitian  dan  pengembangan  (R&D)  dan  mengadaptasi  model pengembangan  ADDIE  yang terdiri  dari  tahap  Analyze,  Design,  Development,  Implementation,  dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukan media erupsi gunung api memiliki tingkat kelayakan yang sangat layak sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Hasil uji ahli materi terhadap media memperoleh skor rata-rata 4,66 dengan tingkat kelayakan “sangat layak”. Sedangkan hasil uji ahli media diperoleh skor rata-rata 3,69 dengan tingkat kelayakan “sangat layak”. Tahap implementasi terhadap 4  siswa  diperoleh  rata-rata  skor  4,62  dengan  tingkat  kelayakan  “sangat  layak”.  Tahap  penilaian  melalui pretest  dan  posttest  mengalami  peningkatan  nilai  sebesar  125  %  dengan  rata-rata  skor  90  dibandingkan hasil pretest dengan skor rata-rata 40.

Kata kunci: Kesiapsiagaan, Media Erupsi Gunung Api , Pengembangan Media. 

 

Abstract

This research aims to produce a miniature media product about volcanic eruptions that is feasible to improve disaster preparedness for fourth grade students of SD N Kledokan. This research uses research and development (R&D)  methods  and  adapt  the  ADDIE  development  model  which  consists  of  the  Analyze,  Design,  Development, Implementation, and Evaluation stages. The results showed that the volcano eruption media had a very feasible level so that it was suitable for use as a medium of learning in elementary schools. The results of the material expert's test on the media obtained an average score of 4.66 with the feasibility level of "very feasible". While  the  results  of  the media  expert  test  obtained  an  average  score  of  3.69  with  the  feasibility  level  "very feasible". The implementation stage of the 4 students obtained an average score of 4.62 with the feasibility level of "very feasible". The assessment stage  through  the  pretest  and  posttest  experienced  an  increase  in  value  by  125%  with  an  average  score  of  90 compared to the pretest results with an average score of 40.

Keywords: Preparedness, Development, Volcanic Eruption Media, Disaster Of Learning Media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.