PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS VI KECAMATAN SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas V sekolah dasar se-Gugus VI Kecamatan Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar se-Gugus VI Kecamatan Sleman, dengan jumlah sampel sebanyak 130 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validasi isi dengan teknik expert judgement. Kemudian dilakukan uji coba kepada siswa dan dianalisis daya beda butir. Sedangkan untuk uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah tanggung jawab belajar secara dipengaruhi oleh kemandirian belajar sebesar 55%. Hasil perhitungan analisis regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y=32,379+0,783X. Hasil pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa kemandirian belajar berpengaruh terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas V Sekolah Dasar se- Gugus VI Kecamatan Sleman.
Kata kunci: Kemandirian Belajar, Tanggung Jawab Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh
Abstract
This study aims to determine the effect of learning independence on the learning responsibilities of grade 5th elementary school students cluster 6 of Sleman sub-district. This study uses a quantitative approach with the ex-post facto method. The population in this study were students of grade 5th elementary school students cluster 6 of Sleman sub-district, with a total sample of 130. The instrument validation test uses content validity with expert judgment techniques. Then a trial was conducted on students and the item difference. Meanwhile, the reliability test was carried out using the Alpha Cronbach formula. The prerequisite analysis test used the normality test, linearity. The data analysis technique used is a simple linear regression test and analysis of the coefficient of determination. The result of this research is the learning responsibility significantly by the independent learning by 55%. The results of the calculation of simple regression analysis regression equation Y=32,379+0,783X. The test results prove that learning independence has a significant effect on the learning responsibilities of grade 5th elementary school students cluster 6 of Sleman sub-district.
Keywords: Independent Learning, Learning Responsibility, Distance Learning
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.