PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS VI KECAMATAN SLEMAN

Afif Noor Fauziyah,

Abstract


 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap tanggung jawab belajar  siswa  kelas  V  sekolah  dasar  se-Gugus  VI  Kecamatan  Sleman.  Penelitian  ini  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah  Dasar  se-Gugus  VI  Kecamatan  Sleman,  dengan  jumlah  sampel  sebanyak  130  siswa.  Uji validitas instrumen menggunakan validasi isi dengan teknik expert judgement. Kemudian dilakukan uji coba kepada siswa dan dianalisis daya beda butir. Sedangkan untuk uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan  rumus  Alpha  Cronbach.  Uji  prasyarat  analisis  menggunakan  uji  normalitas, linearitas. Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  uji  regresi  linear  sederhana  dan  analisis  koefisien determinasi.  Hasil penelitian ini adalah tanggung  jawab belajar secara dipengaruhi oleh kemandirian belajar  sebesar  55%.  Hasil  perhitungan  analisis  regresi  sederhana  diperoleh  persamaan  regresi Y=32,379+0,783X. Hasil pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa kemandirian belajar berpengaruh terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas V Sekolah Dasar se- Gugus VI Kecamatan Sleman.

Kata kunci: Kemandirian Belajar, Tanggung Jawab Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh

 

Abstract

This study aims to determine the effect of learning independence on the learning responsibilities of grade 5th elementary school students cluster 6 of Sleman sub-district. This study uses a quantitative approach with the ex-post facto method. The population in this study were students of grade 5th elementary school students cluster 6 of Sleman sub-district, with a total sample of 130. The instrument validation test uses content validity with expert  judgment  techniques.  Then  a  trial  was  conducted  on  students  and  the  item  difference.  Meanwhile,  the reliability  test  was  carried  out  using  the  Alpha  Cronbach  formula.  The  prerequisite  analysis  test  used  the normality test, linearity. The data analysis technique used is a simple linear regression test and analysis of the coefficient  of  determination.  The  result  of  this  research  is  the  learning  responsibility  significantly  by  the independent learning by 55%. The results of the calculation of simple regression analysis regression equation Y=32,379+0,783X. The test  results  prove  that  learning  independence  has  a  significant  effect  on  the  learning responsibilities of grade 5th elementary school students cluster 6 of Sleman sub-district.

Keywords: Independent Learning, Learning Responsibility, Distance Learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.