PENINGKATAN HASIL BELAJAR BILANGAN ROMAWI MELALUI MAKE A MATCH DI KELAS IV

Wikan Atika Insani,

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  materi  pengenalan  bilangan  romawi  melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada peserta didik kelas IV SDN 2 Gondangwayang Kabupaten Temanggung.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  tindakan  kelas.  Model  yang  digunakan  dalam penelitian  ini  menggunakan  model  penelitian  Kemmis  &  Mc  Taggart  yang  terdiri  dari  perencanaan,  tindakan, pengamatan,  dan  refleksi.  Metode  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  tes  dan  observasi.  Metode  analisis data  yang  digunakan  adalah  metode  analisis  deskriptif  kuantitatif  dan  metode  analisis  deskriptif  kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pengenalan lambang bilangan romawi pada siswa kelas  IV  SD  Negeri  2  Gondangwayang  melalui  penerapan  model  pembelajaraan  kooperatif  tipe  make  a  match. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata prakondisi 63,53 menjadi 84,12 pada siklus I dan 91,76 pada  siklus  II.  Pada  siklus  I  sebanyak  15  siswa  telah  mencapai  KKM  (88,24%),  pada  siklus  II  menjadi  16  siswa (94,12%).

Kata kunci: Hasil Belajar, Make a Match

 

Abstract

This study aims to improve learning results in the introduction of roman numbers through the cooperative learning model make a match type for fourth grade students of SDN 2 Gondangwayang, Temanggung Regency. This type of research is classroom action research. The model used in this study used the Kemmis & Mc Taggart research  model  consisting  of  planning,  action,  observation,  and  reflection.  Data  collection  methods  used  were tests and observations. The data analysis method used is quantitative descriptive analysis method and qualitative descriptive  analysis  method.  The  results  showed  that  there  was  an  increase  in  learning  results  for  the introduction of Roman number symbols in grade IV SD Negeri 2 Gondangwayang through the application of the make  a  match  type  of  cooperative  learning  model.  The  increase  in  learning  results  can  be  seen  from  the  pre- condition  average  value  of  63.53  to  84.12 in the first  cycle  and 91.76 in the  second  cycle.  In  the  first  cycle  as many as 15 students have reached the KKM (88.24%), in the second cycle there are 16 students (94.12%).

Keywords: Learning Results, Make a Match


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.