PENINGKATAN HASIL BELAJAR BILANGAN ROMAWI MELALUI MAKE A MATCH DI KELAS IV
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi pengenalan bilangan romawi melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada peserta didik kelas IV SDN 2 Gondangwayang Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pengenalan lambang bilangan romawi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Gondangwayang melalui penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe make a match. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata prakondisi 63,53 menjadi 84,12 pada siklus I dan 91,76 pada siklus II. Pada siklus I sebanyak 15 siswa telah mencapai KKM (88,24%), pada siklus II menjadi 16 siswa (94,12%).
Kata kunci: Hasil Belajar, Make a Match
Abstract
This study aims to improve learning results in the introduction of roman numbers through the cooperative learning model make a match type for fourth grade students of SDN 2 Gondangwayang, Temanggung Regency. This type of research is classroom action research. The model used in this study used the Kemmis & Mc Taggart research model consisting of planning, action, observation, and reflection. Data collection methods used were tests and observations. The data analysis method used is quantitative descriptive analysis method and qualitative descriptive analysis method. The results showed that there was an increase in learning results for the introduction of Roman number symbols in grade IV SD Negeri 2 Gondangwayang through the application of the make a match type of cooperative learning model. The increase in learning results can be seen from the pre- condition average value of 63.53 to 84.12 in the first cycle and 91.76 in the second cycle. In the first cycle as many as 15 students have reached the KKM (88.24%), in the second cycle there are 16 students (94.12%).
Keywords: Learning Results, Make a Match
Refbacks
- There are currently no refbacks.