PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD NEGERI KREBET BANTUL

Silvia Agustina,

Abstract


Abstrak 

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menghasilkan  media  pembelajaran  diorama  pada  pembelajaran  tematik bermuatan IPA yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep Kelas IV SD Negeri Krebet Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Borg & Gall (1983). Pada penelitian  dan  pengembangan  ini  hanya  terdiri  dari  7  tahap,  yaitu  penelitian  dan  pengumpulan  informasi  awal, perencanaan, pengembangan bentuk produk awal, uji lapangan awal, revisi produk untuk uji lapangan utama, uji lapangan utama, dan revisi produk untuk uji operasional menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media diorama pembelajaran tematik bermuatan IPA yang dikembangkan layak digunakan  untuk  meningkatkan  pemahaman  konsep  dengan  hasil  validasi  ahli  media  skor  rata-rata  4,63  (layak), validasi ahli materi dengan skor rata-rata 4,7 (layak), penilaian guru dengan skor rata-rata 4,61 (layak), uji lapangan awal sebesar 97,3% (layak), uji lapangan utama sebesar 98,6% (layak) dan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan sebanyak 56,89%. 

Kata Kunci : Pengembangan Media Diorama, Pembelajaran Tematik, Pemahaman Konsep 

 

Abstract 

The study aims to produce diorama learning media on thematic learning of science that is suitable to improve understanding of the concept on the Fourth Grader at SD Negeri Krebet Bantul. It is a research and development model based on Borg & Gall (1983). The model only consists of 7 stages, they are 1) research and initial information collection, 2) planning, 3) development of initial product form, 4) initial field test, 5) product revisions for the main field test, 6) main field test, and 7) product revisions for the operational test using quantitative descriptive analysis techniques. The results of the study indicate that the thematic learning diorama media with science content developed is feasible to be used to improve concept understanding. the results of the validation of media experts with an average score  of  4.63  (feasible),  validation  of  material  experts  with  an  average  score  of  4.7  (feasible),  the  teacher's assessment with an average score of 4.61 (feasible), the initial field test of 97.3% (feasible), the main field test of 98.6% (feasible) and the student's understanding of concepts increased by 56.89%.

Keywords: Diorama Media Development, Thematic Learning, Conceptual Understanding.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.