UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE HURUF UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses pembelajaran dan hasil kemampuan membaca 2 Blunyahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif model Kemmis dan Mc Taggart, dengan subjek penelitian siswa kelas I SD Negeri 2 Blunyahan. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan yang dilakukan secara tatap muka dengan membagi siswa menjadi 2 kelompok. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaanmedia puzzle huruf dapat menulis permulaan pada siswa. Nilai rata-rata kelas siklus I kemampuan membaca permulaan sebesar 68,32 dengan persentase keberhasilan 26%, dan nilai rata-rata kemampuan menulis permulaan sebesar 69,11 dengan persentase keberhasilan 32%. Nilai rata-rata siklus II kemampuan membaca permulaan meningkat sebesar 7,63 menjadi 75,95 dengan persentase keberhasilan 53%, dan kemampuan menulis permulaan meningkat sebesar 6,89 menjadi 76,00 dengan presentase keberhasilan 53%. Nilai rata-rata siklus III kemampuan membaca permulaan meningkat sebesar 3,89 menjadi 79,84 dengan persentase keberhasilan 79%, dan kemampuan menulis permulaan meningkat sebesar 5,05 menjadi 81,05 dengan persentase keberhasilan 84%.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan, Media Puzzle Huruf
Abstract
This study aims to improve the learning process and the results of the students' initial reading cycles, each cycle consisted of three meetings conducted face-to-face by dividing students into 2 groups. The research was conducted in August 2020. Data collection techniques using tests and observations. Data analysis technique used qualitative and quantitative analysis. The results showed that the use of puzzle letter media can improve the learning process and the results of the students' initial reading and writing ability. The class average score in the first cycle of initial reading ability was 68.32 with achieved percentage 26%, and on initial writing ability was 69.11 with achieved percentage 32%. The class average score in the second cycle of initial reading ability increased by 7,63 to 75,95 with achieved percentage 53%, and on initial writing ability increased by 6,89 to 76,00 with achieved percentage 53%. The class average score in the third cycle of initial reading ability increased by 3.89 to 79.84 with achieved percentage 79%, and on initial writing ability increased by 5.05 to 81.05 with achieved percentage 84%.
Keywords: Initial Reading And Writing Ability, Puzzle Letter Media.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.