PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward dan punishment secara simultan terhadap kedisiplinan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Kotagede Yogyakarta yang berjumlah 426 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 206 siswa ditentukan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang diujicobakan pada 125 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan skala kedisiplinan belajar, reward, dan punishment. Uji validitas instrument menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik analisis koefisien Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reward dan punishment secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa dengan sumbangan 32%.
Kata kunci: Kedisiplinan Belajar, Reward, Punishment
Abstract
This research is motivated by the low discipline of student learning. This study aims to determine the effect of reward and punishment simultaneously on learning discipline. This study uses a quantitative approach with ex-post facto methods. The population in this study were 426 students of class V SD Negeri Yogyakarta Kotagede with a research sample of 206 students determined using the Slovin formula. The data collection technique used a psychological scale which was tested on 125 students. The data collection instrument used a scale of learning discipline, reward, and punishment. The validity test of the instrument used content validity with expert judgment techniques, while the reliability test used the Cronbach Alpha coefficient analysis technique. The prerequisite analysis test used the normality, linearity, and multicollinearity tests. Hypothesis testing uses multiple regression analysis. The results showed that reward and punishment simultaneously had a positive and significant effect on student learning discipline with a contribution of 32%.
Keywords: Disciplinary Study, Reward, Punishment
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.