PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP SELF ESTEEM SISWA

Sukma Nur Mitasari,

Abstract


Abstrak


Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  self  esteem  yang  dimiliki  siswa  kelas  tinggi  masih rentan  terpengaruh.  Penelitian  ini  bertujuan  mengetahui  secara  simultan  pengaruh  pola  asuh demokratis  dan  dukungan  teman  sebaya  terhadap  self  esteem.  Penelitian  ini  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode  ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SD se-Gugus III Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul yang berjumlah 681 siswa dengan  sampel  penelitian  berjumlah  252  siswa  yang  ditentukan  menggunakan  rumus  slovin. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  skala  psikologi  yang  diujicobakan  kepada  150  siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala self esteem, pola asuh demokratis, dan dukungan teman sebaya. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan  daya  beda  dihitung  menggunakan  koefisien  korelasi  aitem  total  terkoreksi.  Uji reliabilitas  menggunakan  rumus  Alpha  Cronbach.  Uji  prasyarat  analisis  menggunakan  uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi ganda dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis dan dukungan teman  sebaya  secara  simultan  berpengaruh  signifikan  terhadap  self  esteem  siswa  dengan sumbangan sebesar 35,8% dan masing-masing sumbangan efektif sebesar 6,34% dan 29,46%.

Kata kunci: self esteem, pola asuh demokratis, dukungan teman sebaya. 

 

Abstract


This research is motivated by the self esteem of high grade students is still vulnerable to being affected. This research aims to know the effect of democratic parenting and peer support simultaneously to self esteem. The research is used an ex-post facto. Population in this research was  high  grade  students  in  Cluster  III  of  Piyungan  District,  Bantul  Regency  which  total  681 students with sample totaled 252 students were taken by Slovin formula. Data were collected by using psychological scale which was tested on 150 students. The instrument of data collection are self esteem scale, democratic parenting scale, and peer support scale. The validity of instrument used  validity content  with expert  judgement  technique.  Validity  of  item  was  calculated  by  total corrected  aitem  correlation  coefficient.  The  reliability  of  instrument  used  Cronbach’s  Alpha formula. Analysis prerequisite test used normality test, linearity test, and multicolinearity test. The data analysis technique used multiple correlation and multiple regression. The result showed that democratic parenting and peer support take effect simultaneously on self esteem with contribution 35,8% and respectively gave an effective contribution 6,34% and 29,46%.

Keywords: self esteem, democratic parenting, peer support.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.