PENGEMBANGAN TES PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN SD KELAS IV
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes prestasi belajar pada mata pelajaran PPKn yang memenuhi kriteria validitas isi, indeks daya beda, tingkat kesukaran soal, efektivitas pengecoh, dan reliabilitas. Metode penelitian pengembangan yang digunakan berpedoman pada metode pengembangan Djemari Mardapi, terdiri dari tujuh langkah dan dua tahap, yaitu tahap perancangan dan tahap uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perancangan menghasilkan kisi-kisi tes dan instrumen tes tipe objektif bentuk pilihan ganda yang disusun berdasar taksonomi Anderson & Krathwohl. Telaah para ahli menghasilkan koefisien validitas isi dengan nilai Aiken’V 0,83-1,00. Tahap uji coba menghasilkan 15 butir yang memiliki IDB 0,25–0,57 berdasar formula Korelasi Point Biserial dengan tingkat kesukaran mudah dan sedang. Tes ini telah diketahui efektivitas pengecohnya yang dikategorikan sebagai pengecoh yang diterima atau ditolak dan memiliki reliabilitas dengan nilai KR-20 sebesar 0,95. Tes prestasi belajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas isi baik, indek daya beda, tingkat kesukaran soal, efektivitas pengecoh, dan reliabilitas.
Kata kunci: tes prestasi belajar, mata pelajaran PPKn
Abstract
This study aims to develop civic education achievement test that fulfills the validity, discrimination power, difficulty level, distractor effectiveness, and reliability index. The test development method is conducted following Djemari Mardapi’s study which involves seven steps and two stages (design stage and trial). As a result, the design stage produces a test specification and objective testing instrument with 40 multiple choice items based on Anderson & Krathwohl taxonomy level. Experts’ review shows content validity coefficient of 0.83 – 1.00 with Aiken’V. The trial stage shows 15 items based on Point-Biserial Correlation with discrimination power between 0.25 – 0.57 (properly functioned) and based on level of difficulty with low and moderate. The distractor effectiveness level is estimated and categorized as accepted or rejected. Meanwhile, a reliability index estimation using KR-20 formula results in a score of 0.95 (reliable). To sum up, this achievement test has fulfilled the criteria for good content validity, discrimination difficulty level, distractor effectiveness, and reliability index.
Keywords: achievement test, civic education
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.