PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN SISWA KELAS IV SDN KARANGMLOKO 1 TAHUN AJARAN 2018/2019

Novia Raras Asih,

Abstract


Abstrak 

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  dan  proses  keterampilan  berbicara  menggunakan  model Cooperative  Learning  Tipe  Time  Token  siswa  kelas  IV  SD  Negeri  Karangmloko  1  Yogyakarta.  Penelitian  ini termasuk  dalam  penelitian tindakan  kelas  model Kemmis  dan  McTaggart  dengan  subjek  penelitian  seluruh  siswa kelas IV SD Negeri Karangmloko 1, berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data tersebut  diolah  menggunakan  teknik  analisis  data  kualitatif  dan  kuantitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  model Cooperative  Learning  tipe  Time  Token  meningkatkan  hasil  dan  proses  keterampilan  berbicara  siswa. Peningkatan  proses  siswa  ditunjukkan  melalui  meningkatnya  keaktifan,  partisipasi,  dan  antusiasme  siswa  dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Peningkatan hasil keterampilan berbicara siswa pada pra tindakan sebesar 62.33 meningkat menjadi 69.32 pada siklus I, menjadi 80,37 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa sebelum diberikan  tindakan  sebesar  3%  dari  30  siswa,  setelah  tindakan  pada  siklus  I  meningkat  menjadi  84%,  kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus II mencapai 97% dari KKM yang telah ditetapkan adalah sebesar 75. 

Kata kunci: keterampilan berbicara, model cooperative learning tipe time token, siswa kelas IV 

 

Abstract 

The purpose of this research is to improve the learning process of speaking skills and improve the results of speaking skills  using  the  Cooperative  Learning  Type Time  Token  model of 4th grade students  at  Karangmloko 1 Elementary School Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. The type of this research is Classroom Action Research by Kemmis and McTaggart. The subject of this research are 31 students in grade 4th Karangmloko 1 Elementary School. This reaserch consists of two cycles and each cycle consists of two meetings. Data collection techniques used were tests, field notes, and documentation. Data analysis techniques in this study were qualitative and quantitative. The results showed an improvement in the process and results of students' speaking skills after using the Cooperative Learning type Time Token model. Increased process of students’ speaking skills can be demonstrated through its activeness, participation, and the enthusiasm of students to follow the teaching in the classroom. Improved results of students' speaking skills can be seen from the increase in the average grade of the pre-action activities, first cycle, and second cycle. The average value of students in pre-action is 62.33 increased to 69.32 in the first cycle,  and increased to 80.37 in the second cycle with minimum value 75 points. The percentage of students' mastery learning before being given an action of 3%, after the action in the first cycle increased to 84%, then after the action taken in the second cycle, it reached 97%. 

Keywords: speaking skills, cooperative learning model, time token type, 4th grade students 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.